background img

MUI SIAPKAN PROSEDUR SALAT ID DI MASJID

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan mulai mengkaji rencana untuk pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid. Sekretaris MUI Muhammad Jailani mengatakan pihaknya tengah menggelar rapat dengan Wali Kota untuk membahas rencana pelaksanaan salat Id di masjid.

“Besok kita bahas lagi dengan Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), kami belum bisa menjelaskan karena belum merasa mendapat keputusan dari Pemerintah Kota,” kata Jailani ketika diwawancarai wartawan usai melaksanakan rapat dengan Pemerintah Kota Balikpapan di Kantor Wali Kota Balikpapan, Jumat (15/5).

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan sejumlah aspirasi dari beberapa pengurus masjid terkait wacana pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid.

“Intinya, MUI menyampaikan aspirasi umat Islam karena secara umum masjid ingin melaksanakan salat Idul Fitri,” jelasnya.

Untuk itu, MUI berencana akan kembali menggelar rapat dengan Pemkot Balikpapan beserta Forkompinda Kota Balikpapan, untuk menentukan kebijakan terkait wacana pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid.

Ia menjelaskan, MUI diminta untuk menyusun konsep pelaksanaan salat Idul Fitri apabila memang diperbolehkan untuk melaksanakannya di masjid.
Sesuai dengan arahan dari MUI Pusat, pelaksanaan salat Idul Fitri hanya diperbolehkan bagi wilayah yang sudah tidak ada temuan penambahan jumlah kasus virus Corona.

Apabila memang diperbolehkan, ia meminta agar pelaksanaan hanya diperbolehkan di masjid, tidak boleh di lapangan, agar lebih mudah dalam menerapkan pengawasan untuk penerapan prosedur penanganan Covid-19 seperti dalam hal kewajiban menggunakan masker dan pengaturan jarak shaf antar jamaah ketika pelaksanaan salat.

“Dari MUI Pusat pelaksanaan salat Idul Fitri itu bisa dilaksanakan apabila memungkinkan di daerah tersebut sudah tidak ada Covid-19, tapi kalau di daerah itu masih ada tentu tidak bisa,” terangnya.

Namun apabila usulan untuk pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid ternyata tidak diizinkan, makanya pihaknya telah menyiapkan opsi untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah.
“Kalau aturannya itu bisa salat Idul Fitri di rumah, dengan jumlah minimal 4 orang,” terangnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *