background img

MUHARRAM PENUH BERKAH

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Tahun Baru Islam 2020 atau 1 Muharram 1442 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020, menjadi salah satu bulan yang sangat dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Karena selain Muharram, ada 3 bulan haram atau suci lainnya yang juga sangat dinantikan, yaitu Rajab, Dzulhijah dan Dzulqo’dah. Keempat bulan ini adalah bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Sejarah dari 1 Muharram ini adalah berawal dari Umar bin Khattab memutuskan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Hijrah nabi juga menjadi tonggak awal kejayaan umat Islam setelah sebelumnya hanya berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Karena itulah kalender ini dinamakan kalender Hijriyah. Sebab yang menjadi acuan awalnya ialah hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut dijelaskan ustadz Agus Khoirul Huda, Lc saat bincang melalui telepon di Program Sajadah. Program mingguan yang hadir setiap Jumat ini dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim.

“Dari hijrahnya nabi Muhammad SAW, kita bisa mengambil hikmahnya bahwa untuk melakukan suatu hal harus dengan strategi. Bukan hanya dengan usaha dan doa. Karena jika nabi tidak yakin dan tidak berserah kepada Allah SWT saat bersembunyi di gua itu, pasti akan tertangkap,” ucap ustadz yang ramah ini saat menyampaikan sejarah hijrah nabi yang harus bersembunyi dari kejaran kaum kafir Qurais.

Ia menyampaikan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat menyambut bulan Muharram. Salah satunya adalah dengan puasa sunnah di tanggal 9 dan 10 Muharram yaitu Puasa Tasbu’a dan Puasa Asyura. “Dengan kita berpuasa di tanggal tersebut, dosa kita selama satu tahun kemarin akan terhapuskan,” ujar Agus.

Masuk di tahun yang baru di tengah pandemi ini, lebih banyak berdoa dan bersedekah bisa menjadi cara untuk umat muslim agar bisa bertahan. “Saat ini banyak sekali orang yang mengeluh dengan kurang nya ikhtiar dan doa. Karena sebenarnya ada 3 B yang bisa kita lakukan, yaitu Berusaha, Berdoa dan Bertawaqal agar kita bisa lebih nyaman menjalankan hidup ini,” tutup alumni Al Ahgaff Yaman ini.(Sesil/kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *