background img

MUARA RAPAK DIBANGUN JALAN DARURAT

9 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN -. Pemerintah Kota Balikpapan berencana membangun jalan darurat di kawasan perempatan Muara Rapak.
Rencana pembangunan jalan darurat tersebut merupakan salah satu upaya agar untuk mencegah kejadian kecelakaan yang melibatkan kendaraan bertonase besar di kawasan tersebut terulang kembali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Andi Yusri mengatakan, rencana pembangunan jalan darurat tersebut dilaksanakan dengan melebarkan badan jalan yang sudah ada hingga empat meter.

Rencana ini, lanjut Yusri, merupakan tindak lanjut dari rekomendasi KNKT atas kejadian kecelakaan di kawasan Muara Rapak.

“Kebetulan kami dari DPU Kota Balikpapan kemarin juga ikut mendengarkan pertemuan tersebut. Memang dari informasi yang keterima harus ada penanganan di jalur evakuasi tersebut,” kata Yusri kepada wartawan di Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (24/1).

Ia menerangkan karena lokasi jalur evakuasi ini berada di Jalan Soekarno Hatta yang berstatus jalan nasional, maka pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan Balai pengelola jalan nasional atau BPJN. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kaltim yang ada di kota Balikpapan.

“Kami akan memberikan informasi kepada pihak tersebut terkait data-data atas rencana pelebaran jalan tersebut. Kami mengusulkan agar rencana pelebaran tersebut akan disesuaikan dengan akses evakuasi yang direncanakan, supaya tidak melakukan proses dua kali,” terangnya.

Ia menyampaikan bahwa pembangunan jalan darurat ini diharapkan dapat langsung ditangani oleh BPJN, sehingga dapat terealisasi pada tahun ini. Sambil menunggu tindak lanjut rencana pembangunan flyover atau jalan layang.

“Kalau lebarnya itu direncanakan sekitar 4 meter depan. Sedangkan untuk panjangnya nanti akan bervariasi. Tapi rencana ini sedikit lebih mudah untuk diselesaikan karena tidak banyak bangunan yang akan terkena dampaknya. Paling kalaupun kena hanya pos sekuriti yang ada di depan Hotel Mahakam,” tuturnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.