background img

MODERNA MULAI DIGUNAKAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Vaksin Covid-19 buatan moderna mulai dipergunakan di Kota Balikpapan dalam program imunisasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan.

“Kita mengambil momentum hari kemerdekaan, jadi untuk pelaksanaan vaksin besok di Dome, kita mulai menggunakan moderna. Sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat untuk moderna akan dimulai digunakan pada tenaga kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio kepada wartawan usai rapat coffee morning di Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (16/8).

Menurutnya, pemberian vaksin dosis ketiga kepada tenaga kesehatan ini ditargetkan akan menyasarkan sekitar 7.000 tenaga kesehatan yang ada di Kota Balikpapan.

“Saat ini untuk vaksin moderna kita miliki itu ada sekitar 420, yang dalam 1 ampul itu berisi 14, yang diperkirakan mencukupi untuk sekitar tujuh ribu tenaga kesehatan,” jelasnya.

Selain ditujukan kepada tenaga kesehatan, Ia menjelaskan penggunaan vaksin buatan moderna ini juga akan mulai dipergunakan bagi masyarakat umum yang belum pernah diberikan vaksinasi Covid-19.

Rencananya, penggunaan vaksin moderna bagi masyarakat umum ini akan mulai diberikan pada pekan depan, menyesuaikan dengan ketersediaan stok vaksin yang dikiriman dari pemerintah pusat.

Untuk masyarakat umum vaksin modern ini digunakan untuk dosis 1 dan 2, sedangkan untuk tenaga kesehatan itu digunakan untuk vaksin dosis ketiga. Untuk masyarakat umum kita menunggu vaksinnya datang, jadi target kita mungkin minggu depan kita sudah mulai melakukan vaksin dengan menggunakan moderna bagi masyarakat umum,” jelasnya.

Ia menambahkan akan meningkatkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan vaksin moderna. Karena memiliki efekasi cukup tinggi 94 persen, namun penggunaan vaksin moderna juga memiliki KIPI cukup tinggi karena hampir semua orang yang menggunakan moderna mengeluh sakit kepala, meriang dan demam bisa sampai 3 -5 hari setelahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *