background img

MENUNGGAK IURAN TETAP DIBERI BPJS GRATIS

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kepala BPJS Kesehatan Kota Balikpapan Sugiyanto memastikan masyarakat yang menunggak pembayaran iuran kepesertaan tetap dapat menikmati program BPJS Kesehatan gratis yang diadakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Menurutnya, tunggakan yang dimiliki tidak akan menjadi kendala dalam pelaksanaan penyediaan program BPJS Kesehatan gratis bagi masyarakat Kota Balikpapan.

“Bagi peserta yang dimasukkan dalam program BPJS Kesehatan gratis yang akan diprogramkan oleh pemerintah Kota Balikpapan meskipun masih memiliki tunggakan dipastikan akan tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan yang disediakan,” katanya kepada wartawan usai mengikuti di DPRD Kota Balikpapan, Jumat (6/8).

Hal tersebut disampaikan oleh Sugiyanto berdasarkan hasil rapat sementara antara BPJS Kesehatan dengan DPRD Kota Balikpapan terkait rencana penyediaan program BPJS Kesehatan gratis bagi masyarakat Kota Balikpapan.

Program BPJS Kesehatan gratis menjadi salah satu prioritas utama yang dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2022, yang merupakan salah satu visi dari Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud.

Meski demikian, ia tetap mengimbau kepada masyarakat yang menunggak pembayaran iuran kepesertaan agar tetap memenuhi kewajibannya untuk melunasi tunggakannya.

“Kami tetap meminta kepada peserta yang bersangkutan agar tetap melunasi pembayaran iuran BPJS yang menunggak, karena sesuai aturan BPJS hanya menagih iuran selama 2 tahun, sisanya akan diputihkan. Ya memang tidak harus mereka membayar dulu tunggakan mereka, tapi diimbau melunasi tunggakan mereka,” ujarnya.

Berdasarkan catatan BPJS Kesehatan, tercatat sebanyak 73 ribu peserta kelas tiga BPJS Kesehatan di Kota Balikpapan menunggak pembayaran iuran. Total tunggakan yang tercatat mencapai Rp 28 miliar.

Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu nomenklatur dari pemerintah kota terkait rencana pelaksanaan program BPJS Kesehatan gratis, yang direncanakan akan mulai dilaksanakan pada Oktober 2021 ini. Total peserta BPJS Kelas tiga di Kota Balikpapan tercatat mencapai 160 ribu jiwa.

“Untuk proses verifikasi nanti yang dilakukan oleh pemerintah, BPJS hanya menjalankan,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *