background img

MENTADABURI AL QURAN

3 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Allah SWT mengajak hamba-hamba-Nya untuk merenungkan atau tadabbur terhadap ayat-ayat-Nya. Maksud tadabbur adalah untuk mendapatkan hikmah, keberkahan dan pelajaran dari firman-firman-Nya.

Hanya dengan menadaburi ayat-ayat-Nya, merenungkan maknanya, serta memikirkannya, seseorang akan mendapatkan berkah dan kebaikan yang ada dalam Al Quran. Kita harus menyadari, Al Quran itu kitab penuh berkah dan mengandung mutiara yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

“Mentadaburi Al Quran sangat penting agar supaya kita menemukan adanya petunjuk-petunjuk pelajaran-pelajaran yang terkandung dalam Al Quran sehingga kita tidak sampai salah kaprah untuk apa sih Al Quran dijadikan sebagai pedoman hidup petunjuk bagi seluruh umat Islam,” kata Ustadz Moch Ibrahim dalam program Berkah Sahur yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Senin (3/5).

Menurutnya, banyak orang yang membaca Al Quran cukup dengan membaca saja, ibadah dengan Al Quran cukup dengan membaca saja sudah cukup, sehingga nilai Al Quran itu tidak akan pernah hidup di dalam jiwa kita.

Perintah tadabbur dalam Al Quran itu sudah pasti. Kemudian ada yang sering dilupakan. Banyak beranggapan Al Quran hanya diturunkan kepada orang-orang yang mengerti dengan bahasa Arab, sehingga bangsa-bangsa yang lainnya sepertinya tidak terlalu diwajibkan.

Bahkan ketika memasuki 10 hari terakhir Ramadan, ada yang sudah khatam Al Quran 50 kali. Ketika ditanya maksudnya tidak tahu apa-apa. Hanya kejar target selesaikan bacaan saja sudah cukup, ini yang salah.

“Seolah-olah Al Quran itu benda mati cukup dibaca saja, padahal di dalam Al Quran ketika kita memahami dan hidupkan dalam kehidupan sehari-hari kita, maka harus tadabbur,” ujarnya.

Mentadaburi Al Quran sangat penting agar kita menemukan adanya petunjuk-petunjuk dan pelajaran-pelajaran yang terkandung dalam Al Quran. Sehingga kita tidak sampai salah kaprah, untuk apa sih Al Quran sebagai pedoman hidup petunjuk bagi seluruh umat Islam.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *