background img

MENKO PMK UNGKAP KELEMAHAH BANSOS DTKS

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hari kedua di Balikpapan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyambangi kawasan pemukiman padat penduduk Gunung Bugis, Baru Ulu, Balikpapan Barat (Balbar), Selasa (27/7).

Ia melihat langsung warga yang terdampak pandemi Covid-19. Apakah sudah mendapat bantuan sosial (Bansos) atau belum. Juga melihat kesadaran masyarakat dalam hal memakai masker.
“Ini istilahnya uji petik, ngecek bagaimana sih kondisi sesungguhnya di lapisan paling bawah. Mengenai kesadaran memakai masker, juga pembagian Bansos sudah merata atau belum? Apakah mereka yang terdampak betul-betul sudah mendapat. Karena kebijakan di atas sudah bagus, arahan Presiden kan sudah jelas,” katanya.
Hasil temuannya di lapangan, ada beberapa warga yang bukan warga Balikpapan belum terjangkau Bansos meski terdampak pandemi.
“Ini memang salah satu kelemahan pemberian Bansos melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Mereka tidak masuk, dan perlu ada kebijakan tersendiri,” ujarnya.
Pemerintah sebetulnya sudah melakukan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang memang sudah tercatat sebelum pandemi Covid-19.
“Tapi kan sudah ada Bantuan Sosial Tunai (BST) dan BLT Desa kalau ada desa. Itu sebetulnya diutamakan untuk mereka yang tidak ada di DTKS tapi terdampak pandemi, misalnya kena PHK, jualannya tidak laku dan Lainnya. Itu harus ditutup dengan bantuan sosial yang di luar DTKS,” ungkapnya.
Muhadjir mengaku sudah mengingatkan Lurah setempat untuk melakukan pendataan terhadap penduduk yang memang bukan warga Balikpapan, namun berdomisili di wilayah tersebut.
“Memang di sini dinamis sekali. Pertumbuhan penduduk sangat cepat, dari Tenggarong ada, Samarinda juga, sehingga tidak sempat tercatat. Saya minta aparat kelurahan betul-betul aktif memantau warga terutama dari luar Kelurahan ini yang terdampak untuk mendapatkan bantuan itu,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *