background img

MENIPU HOTEL, RESIDIVIS PENCURIAN DIBEKUK

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – SA (39), kembali harus merasakan kehidupan di balik jeruji besi. Residivis pencurian itu dibekuk oleh jajaran Satreskrim Polresta Balikpapan setelah terbukti melakukan tindak pidana penipuan.

Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro menjelaskan, pelaku SA diamankan pada 10 Maret 2022 lalu di rumahnya kawanan Jalan Milono, Kelandasan Ulu, Balikpapan Selatan.
“Pelaku diamankan tanpa perlawanan dan mengakui perbuatannya. Pelaku ini residivis pencurian dan kali ditangkap karena kasus penipuan,” kata Rengga saat konferensi pers, Rabu (16/3).
Ada pun penipuan yang dilakukan oleh pelaku yakni, dengan memesan tiga kamar di Hotel Novotel Balikpapan. Ia kemudian tidak melakukan pembayaran.
“Pelaku ini menghubungi resepsionis hotel mengaku sebagai manager perusahaan tambang di Kaltim. Ia memesan tiga kamar di Hotel Novotel, setelah masuk memakai KTP palsu dan memesan fasilitas di hotel berupa makanan, minuman dan sebagainya. Setelah itu Pelaku meninggalkan hotel tanpa membayar,” jelas Rengga.
Akibatnya, pihak hotel mengalami kerugian hingga Rp 6.150.000. Dan melaporkan kejadian ke Polresta Balikpapan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh jajaran Satreskrim Polresta Balikpapan dengan melakukan penyelidikan.
“Setelah diselidiki, pelaku akhirnya berhasil ditangkap beserta barang bukti. Hasil pendalaman, pelaku juga rupanya melakukan hal yang sama di hotel lain. Ada enam pihak hotel yang melapor ke kami. Selain itu Di Pulau Jawa juga ada beberapa hotel yang ditipu pelaku,” ucapnya.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku SA terancam dikurung delapan tahun penjara. Ia dijerat dengan Pasal 378 KHUP tentang tindak pidana penipuan.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.