background img

MENGIKUTI BERIBADAH RASULULLAH

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Perintah Allah SWT kepada kaum muslimin untuk melakukan ibadah masih berupa perintah umum. Misalnya, salat, puasa, zakat, dan haji.

Rincian dan tuntunan ibadah-ibadah mahdhah tersebut ada dalam sunah Rasul. Oleh karena itu, kaum muslimin harus mencontoh Nabi dalam melakukan ibadah. Terutama salat, puasa, zakat, dan haji, agar ibadahnya diterima Allah SWT.

“Syarat diterimanya ibadah yang pertama ikhlas, dan yang kedua adalah beribadah dengan mengikuti Rasul.

Jangan sampai ikhlas kemudian tulus beribadah kepada Allah tapi karena nggak tahu ilmunya akhirnya bikin-bikin sendiri peraturan dalam beribadah.

Akhirnya malah nggak jadi diterima,” kata ustadz Wahyu Hidayat dalam program Berkah Sahur yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Minggu (9/5).

Ia menyampaikan, Allah ketika menciptakan manusia dan jin bertujuan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Setelah menciptakan manusia, Allah mengutus para nabi dan rasul dan kemudian kitab-kitab.

“Jadi Allah SWT sangat sayang kepada kita, Allah SWT mengingatkan apa hakikat kita, siapa diri kita, apa tugas kita. Kemudian Allah SWT mengingatkan dengan diutusnya para nabi dan rasul juga menurunkan kitab-kitab kepada kita,” ujarnya.

Dan ketika kemudian manusia mulai melenceng atau tersesat, Allah utus lagi rasul yang baru, kemudian ketika rasulnya meninggal, manusia mulai melenceng lagi. Diutus lagi rasul yang baru untuk mengembalikan kepada jalan yang lurus.

“Ini adalah bentuk kasih sayang Allah SWT agar kita tetap terus dalam jalan yang benar dalam jalan yang lurus.

Sehingga ketika kita beribadah tidak mengikuti rasul, maka yang seperti ini tentunya dipertanyakan. Kalau tidak mengikuti rasul, terus mengikuti siapa? Sedangkan Allah menurunkan rasul mengutus rasul menurunkan kitab, tidak mungkin berbenturan dengan apa yang disampaikan,” tuturnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *