background img

MENDAGRI MINTA APD PILKADA DIBANTU APBD

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam video conference meminta kepada Pemerintah Daerah agar membantu penyediaan untuk kebutuhan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di daerah.
“Mendagri minta kepada daerah agar berpartisipasi membantu pelaksanaan Pilkada baik dalam bentuk anggaran dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) atau bantuan alat,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi usai melaksanakan video conference dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Wali Kota Balikpapan, Rabu (24/6).

Menyikapi permintaan Menteri Dalam Negeri tersebut, Rizal mengatakan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan sudah tidak memiliki kemampuan anggaran untuk membantu penyediaan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di daerah, karena hampir seluruh anggaran yang ada sudah refocusing untuk membantu program percepatan penanganan Covid-19.

Ia telah menyampaikan bahwa, Pemerintah Kota Balikpapan berharap agar Pemerintah Pusat dapat membantu penyediaan kebutuhan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Pilkada serentak melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Meski demikian, Rizal mengaku masih mempertimbangkan terkait usulan bantuan anggaran daerah untuk membantu kebutuhan penyediaan alat protokol kesehatan pada pelaksanaan Pilkada serentak.

“Kalau rapid test kemarin kita sudah bantu, nah kalau untuk APD kita masih pertimbangkan kondisi anggaran. Kita sudah sampaikan juga kondisi APBD kita, makanya kita berharap ada dicover dari APBN,” tambahnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *