background img

MENCARI KONSEP PTM YANG TEPAT UNTUK PAUD DAN TK

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di tengah pandemi Covid-19.

Sesuai perencanaan, jika status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Balikpapan turun setelah 6 September 2021, maka dilakukan simulasi untuk tingkat SD dan SMP selama satu bulan. Jika berjalan dengan lancar, maka dilanjutkan dengan tingkat PAUD dan TK.

Demikian disampaikan Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin, Jumat (3/9).

Dikatakan, untuk PAUD dan TK lebih spesifik. Mereka tidak bisa sendirian ke sekolah, harus didampingi orang tua.

“Makanya sekarang teman-teman bidang PAUD sedang menyusun konsep untuk persiapan simulasi mana kala yang SD dan SMP aman,” kata Muhaimin kepada wartawan.

Pola pembelajaran untuk PAUD dan TK, lanjut Muhaimin, tentu tidak sama dengan SD dan SMP yang mencapai dua hingga tiga jam sekali pertemuan.

“Mungkin untuk PAUD dan TK cukup satu jam dan satu minggu cukup dua kali masuk. Kemudian jumlah anak juga lebih sedikit dalam kelas dan mereka harus didampingi orang tua, karena usianya empat sampai dengan enam tahun,” ungkapnya.

Untuk konsep satu ruangan berapa anak didik, guru dan juga orang tua sedang dalam pembahasan. “Regulasi masih disusun beberapa orang dalam satu ruangan itu,” ucapnya.

Pun soal kurikulum, Muhaimin menyebut bakal ada penyesuaian karena dalam situasi pandemi.

“Nanti disesuaikan dengan arahan menteri pendidikan, kurikulum darurat selama Covid-19,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *