background img

MASIH BERDUKA, PDIP BELUM BAHAS PENGGANTI TOHARI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hingga saat ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum melakukan pembahasan terkait bakal calon yang akan menggantikan posisi Tohari Aziz sebagai Calon Wakil Wali Kota terpilih di Pilkada Kota Balikpapan tahun 2020.

Tohari Aziz yang merupakan kader PDIP meninggal dunia pada 27 Januari 2021.
Tohari ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih mendampingi Calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sebelum sempat dilantik menjadi pasangan kepala daerah.

Pasangan Rahmad – Tohari merupakan calon tunggal di Pilkada Kota Balikpapan, yang didukung oleh 8 Partai Politik yakni Partai Perindo, PKB, Partai Demokrat, Gerindra, PKS, PDIP dan Golkar Balikpapan.

“Saya sampaikan permohonan maaf untuk tidak masuk ke dalam pembahasan tersebut, karena memang situasi saat ini masih berduka dengan kejadian meninggalnya Pak Tohari,” kata Sekretaris DPC PDIP Kota Balikpapan Budiono ketika diwawancarai wartawan, Kamis (4/2).

Menurut Budiono, saat ini belum ada pembahasan di internal partai untuk menentukan bakal calon pengganti Tohari Aziz, karena memang saat ini masih dalam situasi berduka atas meninggalnya Tohari Azis.

“Belum ada pembahasan yang masuk ke sana untuk menentukan calon pengganti Tohari Aziz sebagai calon wakil walikota terpilih di Pilkada Balikpapan. Untuk saat ini, saya dan kawan-kawan masih berduka,” ujarnya.

Budiono menjelaskan, dalam menentukan bakal calon pengganti Tohari sebagai Calon Wali Kota terpilih, secara internal partai pihaknya akan merujuk pada aturan yang ada di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai.

“Untuk internal itu kita akan mengikuti dari AD/ART partai, namun kita tetap merujuk pada aturan yang telah ditetapkan oleh KPU dalam proses penggantian calon terpilih yaitu Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *