background img

MAKNA BULAN SYA’BAN

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebentar lagi akan memasuki Ramadan. Dalam kalender Islam, maka akan ditemui bulan Sya’ban terlebih dahulu sebelum Ramadan. Sya’ban merupakan bulan untuk berlatih mempersiapkan Ramadan agar lebih khusyuk.

Tentang bulan Sya’ban ini disampaikan oleh Ustadzah Maryanti Lc, M.S.I dalam program Sajadah yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim, Jumat (26/3). Tausiyah yang disiarkan radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan ini juga live streaming di Youtube dengan akun KPFM Channel.

Ustadzah yang tinggal di Bekasi ini mengatakan bahwa malam Nisfu Sya’ban akan jatuh pada tanggal 28 Maret 2021. “Sehingga kita bisa menjalankan puasa Nisfu Sya’ban di hari Seninnya yaitu tanggal 29 Maret 2021,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa Allah akan mengampuni umatnya di malam Nisfu Sya’ban dengan cara berdoa, membaca Al-Quran, bershalawat, bertaubat serta bersihkan hati dari iri dan dengki.

“Segera hubungi dan datangi orang-orang yang memiliki masalah dengan kita untuk meminta maaf agar bisa menjalankan ibadah nanti dengan khusyuk dan merasakan kedamaian. Mintalah maaf terutama kepada orang tua dan saudara kita,” ujarnya.

Ada beberapa ulama dan hadist mengatakan bahwa jangan berpuasa setelah Nisfu Sya’ban, kecuali jika ia sudah terbiasa berpuasa Daud atau puasa sunah Senin Kamis dan jika ia memiliki fisik yang kuat. Tapi hukumnya boleh dan tidak haram jika melakukan puasa setelah Nisfu Syaban.

“Jangan sampai pada saat Syaban gencar menjalankan segala ibadahnya, tetapi saat Ramadan tiba tubuh malah ngedrop, akan mudarat atau tidak bermanfaat jika itu terjadi. Karena kondisi setiap orang berbeda,” tutupnya.

(sesil kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *