background img

LONGSOR DI SEPINGGAN RAYA, SATU RUMAH JEBOL

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Musibah longsor kembali terjadi di Kota Balikpapan. Kali ini lokasi kejadian di Jalan Marsma Iswahyudi, RT 02, Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan (Balsel). Satu unit rumah jebol karena tak kuat menahan material longsoran.

Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis pagi, 19 Agustus 2021, sekira pukul 09.15 Wita. Tepatnya saat kondisi cuaca sedang turun hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Pemilik rumah Dizalmin (30) bersama istri dan kedua anaknya saat itu tengah asyik berbaring dalam kamar. Suasana yang semula senyap menjadi mencekam selepas suara retakan dari dinding samping ruang tamu.

Mendengar suara retakan, Dizalmin mulai tak tenang. Perasaannya was-was, longsor yang terjadi dua tahun lalu, kembali terulang. Ia pun langsung menyuruh istri dan anaknya untuk ke luar dari dalam rumah.

“Pukul 09.00 Wita itu sudah ada suara retakan. Nah, saya langsung suruh anak dan istri ke luar rumah karena takut terjadi longsor lagi,” katanya kepada wartawan saat ditemui di lokasi.

Pad saat 15 menit berselang, apa yang ditakutkannya benar-benar terjadi. Longsor dengan cepat menerjang ruang tamu dan kamar iparnya.

“Pas pukul 09.15 itu longsor sudah terjadi. Dinding rumah jebol karena tidak kuat menahan tanah yang turun dari atas. Ini tanah-tanahnya masuk dalam rumah semua,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun Dizalmin menaksir kerugiannya mencapai Rp 20 juta, karena hampir seluruh bangunan rumahnya rusak parah.

“Ini rusak parah, kayu-kayunya patah. Untuk sementara mengungsi dulu di rumah keluarga sambil melakukan perbaikan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *