background img

LATIHAN TERBESAR TNI AD DAN MILITER AS DIMULAI

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Latihan Bersama (Latma) Pasukan TNI AD dan militer Amerika Serikat (US Army) bertajuk Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 resmi dimulai. Latma akan berlangsung hingga 14 Agustus 2021 nanti.

Pembukaan Latma tersebut ditandai dengan upacara yang berlangsung di lapangam Makodam Vl/Mulawarman di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Balkot), Rabu (4/8) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Vl Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dikatakan, Latma Garuda Shield yang ke-15 tahun ini merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan oleh kedua negara dengan tema latihan meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara.

Latihan diselenggarakan di tiga tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, Amborawang di Balikpapan Kalimantan Timur dan Makalisung di Manado.

Ada pun tujuan dari latihan bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD, melainkan mengembangkan materi pelajaran lain.

“Seperti Prosedur Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), drill taktis, penggunaan Multiple Integrated Laser Engagement (MILES), penggunaan Phase Line berupa pengiriman hasil intai daerah operasi menggunakan Drone (UAS) ke Heli Apache dan penembakan roket ASTROS serta HIMARS,” katanya.

Pada Latma tahun ini, materi lain yang dilatihkan adalah Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET), dan Garuda Airborne.

“Karena itu, saya berharap Latma Garuda Shield-15/2021 ini dapat terus kita tingkatkan sebagai simbol kekuatan dan wujud diplomasi militer kita dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan,” harapnya.

Pangdam menambahkan, latihan ini sudah dirancang dan diprogram oleh angkatan darat selam dua tahun belakangan. Di Balikpapan, pelaksanaannya diawali di markas Batalyon Infantri 600 Rider.

“Latihan itu bersifat awal persiapan, kemudian nantinya akan dilaksanakan feel training exercise atau latian taktik di lapangan yang berlangsung di medan latihan Amburawang,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *