background img

LANDASAN PACU SAMS SEPINGGAN BAKAL DIPERPANJANG

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Peningkatan pelayanan baik penumpang dan barang dipastikan jadi prioritas.

General Manager SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma menjelaskan, SAMS Sepinggan Balikpapan siap melibatkan segenap jajarannya untuk mendukung pembangunan IKN. Karena pada dasarnya pemindahan IKN adalah mengembangkan pusat pemerintahan ke tempat yang lebih strategis.

“Sebagai main airport atau bandara utama di Kaltim, SAMS Sepinggan sudah menyiapkan sejumlah strategi, antara lain dengan meningkatkan fasilitas yang sudah tersedia, meningkatkan servis yang lebih baik, utamanya kepada penumpang. Sebab SAMS Sepinggan menjadi gerbang utama arus masuk dan keluar dalam rangka pembangunan IKN,” kata Rika Kamis kemarin (6/10).

Saat ini SAMS Sepinggan Balikpapan memiliki kapasitas terminal 10 juta penumpang per tahunnya. Terbanyak yang sudah dilayani mencapai lima juta penumpang. Artinya bandara ini masih sangat siap dalam menerima pelayanan dalam rangka pembangunan IKN.

“Untuk landasan, SAMS Sepinggan Balikpapan saat ini memiliki panjang runway 2,5 kilometer dan dalam rencana ke depan akan ditambah menjadi 3,2 kilometer yang anggarannya akan disupport oleh APBN,” ungkap Rika.

Rika menambahkan, saat ini konsen dari SAMS Sepinggan adalah posisi masuk dan keluar kendaraan yang terlalu dekat dengan jalan raya. Sehingga berpotensi menyebabkan kepadatan saat terjadi lonjakan arus penumpang.

“Tetapi yang harus menjadi highlight saat ini adalah peningkatan arus pesawat yang memanfaatkan Bandara SAMS Sepinggan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.