background img

LANAL VAKSINASI TKBM DAN PETUGAS PELABUHAN

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Tim kesehatan Lanal Balikpapan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan melaksanakan serbuan vaksin di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Rabu (30/6).

Adapun sasarannya adalah para TKBM atau tenaga kerja bongkar muat, serta petugas pelabuhan Semayang Balikpapan.

Melalui siaran pers yang diterima KPFM, dijelaskan jika serbuan vaksin ini merupakan bagian dari program satu juta vaksin yang dicanangkan pemerintah.

Hal itu sebagai salah satu langkah efektif untuk menekan korban terjangkit, juga mencegah penyebaran di wilayah Kota Balikpapan.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo meninjau langsung proses penyuntikan ini.

Ia didampingi Dandenpomal Lanal Balikpapan Mayor Laut (PM) Untung Sutrisno, serta unit intel Lanal Balikpapan Lettu Mar Arif Simamora.

“Kegiatan serbuan vaksin ini merupakan langkah kita untuk mendukung program satu juta vaksin yang dicanangkan pemerintah, dan akan dilaksanakan sampai dengan akhir Juli,” katanya.

Penyuntikan kali ini, lanjut Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, memang ditargetkan untuk masyarakat yang bekerja di pelabuhan. Karena mereka adalah orang-orang yang rentan terhadap penularan Covid-19.

“Mereka kontak langsung dengan penumpang kapal yang datang dari berbagai wilayah. Sehingga hal ini sangat krusial dan harus segera di antisipasi,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan penyuntikan, tim kesehatan dari Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL Balikpapan dipimpin oleh Lettu Laut (K) dr M Ridwan. Bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Ada tiga tahapan yang dilalui perserta sebelum proses vaksinasi. Pertama pendaftaran, yang kedua tekanan darah dan pengecekan kesehatan secara umum.

Apabila tekanan darah dinyatakan normal dan kondisi fisik dinyatakan sehat maka peserta vaksin dapat menuju meja vaksinator untuk menerima suntikan. Selanjutnya akan menerima sertifikat sebagai tanda sudah divaksin.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *