background img

LANAL VAKSINASI RATUSAN WARGA PESISIR

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Keceriaan terlihat jelas di wajah ratusan masyarakat yang bermukim di pesisir Kota Balikpapan, tepatnya di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur (Baltim).

Selasa (6/7) pagi menjelang siang, mereka mendapat kesempatan untuk disuntik vaksin Covid-19 sebagai bagian dari upaya membentuk kekebalan kelompok.

Vaksinasi itu dilakukan oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan. Dengan target sebanyak 200 warga pesisir. “Hari ini ada 200 orang sesuai yang terdaftar,” kata Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo di lokasi.

Angkatan laut, lanjut Siswo Widodo, memang sesuai dengan tupoksinya melaksanakan vaksinasi ke masyarakat maritim di daerah pesisir atau pantai sesuai arahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL).

Ini juga mengarah pada salah satu program KASAL adanya Kampung Bahari Nusantara. Jadi seluruh wilayah Indonesia ada Desa binaan yang dibina oleh Angkatan Laut untuk dijadikan Kampung Bahari Nusantara.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari vaksinasi binaan Lanal yang sudah dilaksanakan di daerah pantai Jenebora, termasuk daerah pantai Lango. Harapan kedepannya ini berkembang menjadi kampung modern,” ungkapnya.
Di samping itu juga untuk menindaklanjuti instruksi presiden yang menargetkan dalam satu hari ada satu juta vaksinasi bisa didistribusikan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Sesuai instruksi Presiden bahwa TNI/Polri dilibatkan dalam rangka percepatan vaksinasi nasional. Harapannya satu hari satu juta vaksin bisa diberikan. Sehingga serbuan vaksinasi ini sudah berlangsung sejak tanggal 26 Juni dan akan kita teruskan sampai akhir bulan Juli ini,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *