background img

LANAL GELAR DONOR PLASMA KONVALESEN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pangkalan TNI AL Balikpapan menggelar donor darah dan plasma konvalesen, Kamis (12/8) di Gedung Patiunus Mako Lanal Balikpapan.

Sebanyak 100 kantong darah terkumpul dalam giat tersebut. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan.

Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo menjelaskan, kegiatan ini serentak dilaksanakan TNI AL di beberapa Pangkalan TNI AL seluruh Indonesia.

Yang mana sebelumnya Lanal Balikpapan sudah membuka pendaftaran bagi masyarakat untuk menjadi pendonor secara online.

“Kita juga menggandeng Pelindo 4 Balikpapan, KSOP kelas 1 Balikpapan, Bea Cukai, Polairud, dan Polsek Semayang untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor ini,” kata Siswo Widodo.

Kegiatan donor darah dan plasma ini, lanjut Siswo Widodo, merupakan gagasan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Hal tersebut sebagai wujud kepedulian TNI AL dalam rangka menanggulangi Covid-19 serta membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap kantong darah.

“Tak hanya serbuan vaksin saja melainkan kegiatan lain yang dapat mendukung program pemerintah menanggulangi Covid-19 seperti yang kita laksanakan hari ini. Kedepanya TNI AL akan terus berkerja dan bergerak mendukung program pemerintah,” ucapnya.

Siswo Widodo juga berharap apa yang telah dilakukan ini setidaknya dapat menutupi kekurangan stok darah dan konvalesen yang banyak dibutuhkan pasien.

“Apabila masih dibutuhkan, sesuai arahan Kasal tadi dalam vicon akan kita lanjutkan. Kita akan menjaring masyarakat maritim yang ada untuk secara sukarela mendonorkan darahnya supaya bisa digunakan,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *