background img

LANAL ASAH KETRAMPILAN MENYELAM PRAJURIT

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sejumlah prajurit Pangkalan TNI AL Balikpapan menyelam di perairan area Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin (2/8) pagi pukul 08.30 Wita.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari latihan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit serta skill yang mumpuni dalam rangka mendukung tugas-tugas.O

“Pelaksanaan latihan menyelam ini diikuti oleh 10 personel, enam tim pelatih dan empat personel SAR,” kata Komandan Lanal Balikpapan Kolone Laut (P) Siswo Widodo dalam siaran pers yang diterima KPFM.

Disebutkan, Pangkalan TNI AL Balikpapan yang merupakan salah satu pangkalan TNI AL di bawah jajaran komando armada dua, memilik posisi yang strategis serta sebagai perisai wilayah laut Kalimantan Timur.

Hal ini mengharuskan Lanal Balikpapan memiliki prajurit-prajurit yang profesional serta memiliki skill yang mumpuni dalam rangka mendukung tugas.

“Oleh karena itu kami melaksanakan latihan menyelam dalam rangka refresh kemampuan dan mengasah kembali kemampuan yang dimiliki prajurit,” ungkapnya.

Kemampuan menyelam pada dasarnya dimiliki semua personeI Angkatan Laut. Namun Lanal Balikpapan yang salah satu tugasnya unsur pelayanan pangkalan, maka materi menyelam sangat diperlukan dalam rangka tugas pengamanan area bawah air.

Sehingga apabila terdapat KRI maupun kapal perang dari negara lain sandar atau ditemukan adanya bahaya maupun kerawanan bawah air, tim penyelam dapat langsung mengambil tindakan.

Tidak hanya teknik menyelam, prajurit Lanal Balikpapan pada kesempatan tersebut juga merefresh pengetahuan tentang perawatan dan pemeliharaan alat selam.

“Profesionalitas prajurit harus selalu dipertajam dalam situasi apapun. Karena tolak ukur dari keberhasilan dalam suatu operasi adalah profesionalitas prajurit yang utama,” sebutnya.

Siswo Widodo menambahkan, Lanal Balikpapan saat ini sedang fokus mendukung program pemerintah dan juga instruksi KASAL, yaitu serbuan vaksin dan pengamanan PPKM.

Di samping itu juga mengisi waktu dengan kegiatan latihan perorangan untuk mempertajam naluri dan skiII.

“Latihan yang dilakukan seperti menembak, menyelam, kebaharian dan kegiatan kegiatan lain yang memiliki manfaat,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *