background img

KUOTA HAJI DIBUKA 100 PERSEN

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Angin segar dirasakan calon jamaah haji di Indonesia. Pemerintah Arab Saudi membuka kran kuota haji 100 persen, pada tahun 2023 ini. Diperkirakan, 221.000 calon jamaah haji Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci.

“Alhamdulillah, sudah ada keputusan dari pak menteri bahwa kuota haji ini full 100% untuk Indonesia. Tercatat ada sekitar 221.000 lebih. Maka Insya Allah jemaah haji yang ada ini bisa berangkat 100%. Dan saat ini juga sudah ada MOU dengan Menteri Arab Saudi,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan Johan Marpaung ketika diwawancarai wartawan, Jumat (13/1).

Untuk tahun 2023, jumlah kuota calon jemaah haji yang akan diberangkatkan mencapai 530 orang.

Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2022 lalu, yang hanya berkisar 240 orang, atau separuh dari jumlah kuota yang dipersiapkan.

Ia menjelaskan bahwa meskipun sudah saat ini tidak dalam kondisi pandemi Covid-19, namun syarat untuk jemaah haji terkait penerapan booster tetap diberlakukan. Karena hal tersebut sudah merupakan standar.

Namun untuk saat karantina bagi calon jemaah haji sudah ditiadakan, termasuk jemaah umroh yang berangkat saat ini.

Untuk saat ini, Johan menuturkan, bahwa pihaknya masih menyelesaikan proses rekrutmen petugas, baik itu untuk petugas hajinya, ibadah hajinya dan untuk penyelenggara.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.