background img

KSAD TINJAU LATMA GARUDA SHIELD DI AMBORAWANG

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau latihan bersama (Latma) Garuda Shield 15 tahun 2021 di Pusat Latihan Tempur Amborawang, Kamis (12/8) siang.

Di sana, Jenderal bintang empat itu menyaksikan langsung latihan dari 250 personel TNI AD dan 126 Militer Amerika Serikat atau US Army. Salah satu materinya adalah penembakan mortir 60 dengan jarak sekitar 2,5 kilometer, dan diperbantukan dengan senjata perorangan dan senjata ringan.

“Siang hari ini saya menyempatkan diri untuk datang ke Pusat Latihan Tempur Amborawang dari Kodam Vl Mulawarman. Ini salah satu dari tiga tempat latihan bersama Garuda Shield 15 tahun 2021 ini,” kata Andika dalam rekaman pers yang diterima KPFM.

Selama latihan berlangsung, lanjut Andika, sejak awal pasukan mendapat materi ofensif, gangguan termasuk musuh dan ranjau hingga sampai menemui sasaran.

Yang berbeda dibanding latihan bersama sebelumnya adalah digunakannya dua pasukan yang saling berhadapan, atau yang dia sebut sebagai opposing force (pasukan lawan).

Dengan demikian, tidak ada koordinasi antara masing-masing pasukan dalam melakukan pertimbangan bagaimana caranya mengalahkan satu sama lain.

“Musuh ini dari pasukan Indonesia tapi berasal dari batalyon yang berbeda. Mereka tidak saling berkoordinasi sehingga dinamikanya sangat spesial dalam hal mengatasi hambatan demi hambatan untuk menuju sasaran,” ungkapnya.

Soal tujuan latihan ini, Andika menyebut bukan untuk saling pamer keunggulan soal kapasitas prajurit maupun alutsista. “Ini lebih kepada pengalaman tempur,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *