background img

KRI MANDAU AMANKAN KAPAL MUATAN CPO

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – KRI Mandau yang tengah melakukan patroli di perairan Balikpapan, Jumat (29/4), mengamankan sebuah Kapal bernama lambung TB NSS II.

Kapal tersebut menarik tongkang dengan muatan 4.100 ton crude palm oil (CPO). Dibawa dari Samarinda, dan rencananya akan berlayar menuju Kota Baru Kalimantan Selatan.

Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz menjelaskan, saat dilakukan pemeriksaan terhadap kru dan dokumen perlengkapan, didapat bukti awal pelanggaran yang sebagian besar mengarah ke pelayaran.

“Kru KRI Mandau menemukan pelanggaran awal yang berkaitan dengan pelayaran. Seperti surat terkait dengan dokumen bongkar muat belum lengkap. Kemudian perlengkapan kapal yang belum siap seperti meterologi dan sebagainya,” kata Danlanal saat konferensi pers, Sabtu (30/4) di Mako Lanal Balikpapan.

Dari temuan tersebut, KRI Mandau selanjutnya menyerahkan tangkapan itu ke Lanal Balikpapan untuk dilakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

“Di sini kami sebagai fungsi Pangkalan TNI AL untuk melaksanakan pemeriksaan lebih lanjut. Sudah kami bawa tiga orang, yakni nahkoda bersama dua kru untuk dimintai keterangan,” ungkapnya.

Ditanya apakah ada indikasi muatan tersebut akan diekspor ke luar negeri, Danlanal mengaku masih menunggu hasil penyelidikan.

Diketahui bahwa Pemerintah telah melarang ekspor CPO dan turunan berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag).

“Belum berani menyatakan itu (indikasi ekspor ke luar negeri). Karena rutenya dari Samarinda ke Kota Baru dan belum bisa dinyatakan ini ada benar penyelundupan atau tidak. Pelanggaran awal yang ditemukan sebagian besar mengarah ke pelayaran,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.