background img

KPU SIAP LAKSANAKAN PEMILU DI IKN

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia siap mensukseskan rencana pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Komisioner KPU RI Perada Harahap mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu kejelasan regulasi terkait pelaksanaan Pemilu 2024 di kawasn IKN Nusantara.

Karena berdasarkan aturan yang berlaku, hanya disebutkan tiga Dearah Otonomi Baru (DOB) di Papua yaitu Papua Barat, Papua Selatan dan Papua Pegunungan yang akan melaksanakan Pemilu 2024.

Sedangkan untuk wilayah IKN tidak sebutkan, sehingga belum ada kepastian apakah kawasan IKN akan dilibatkan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 atau tidak.

“Sekarang ini ada dua, yang pertama ada IKN dan yang kedua adalah DOB yang terdiri dari provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan. Di sini memang ada pesan yang berbeda kalau di Undang-undang DOB sebutkan bahwa akan ada Pemilu di DOB tersebut, kalau di IKN memang tidak ada norma tersebut. Artinya pemilu memang ada tapi belum bisa dipastikan 2024 itu bisa dilakukan di IKN,” katanya ketika diwawancarai wartawan saat melakukan kunjungan ke KPU Kota Balikpapan, Rabu (27/8).

Tapi yang jelas, Lanjut Pereada, kalau nanti wilayah IKN terakomodir di Pemilu 2024, maka situasinya akan berbeda. Terkhusus sebagai daerah otorita, yang mana pemerintahan akan ditunjuk oleh pemerintah pusat nanti di sana.

Karena khusus di wilayah IKN, untuk Pemilihan Presiden, DPR RI dan DPD bisa dilaksanakan. Tapi untuk DPRD Provinsi dan kabupaten/kota tidak ada di wilayah IKN. Dan kebijakan ini tentunya akan berdampak kepada Kalimantan Timur karena tentunya akan ada penataan Dapil.

“Kita masih berkoordinasi dan menunggu regulasinya, karena sekarang masih ada waktu. Pada dasarnya, KPU siap melaksanakan karena KPU ini adalah pelaksana undang-undang. Bahkan KPU RI juga siap berkantor di IKN jika saatnya sudah tiba,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.