background img

KPU KALTIM BATASI IKLAN PASLON

4 years ago written by

SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim membatasi iklan pasangan calon (paslon) Pilgub Kaltim 2018 di seluruh lembaga penyiaran di wilayahnya. Iklan paslon di lembaga penyiaran hanya bisa dilakukan mulai 10 Juni 2018 sampai 23 Juni 2018.

Walaupun dibatasi, biaya penyiaran iklan paslon di lembaga penyiaran tersebut selama 10 hari lebih itu akan dibiayai KPU.

“KPU membatasi dengan Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye. KPU memfasilitasi biaya penayangan iklan kampanye. Dalam artian iklan tersebut yang membiayai adalah KPU, tapi materi iklan dari para calon,” kata Anggota KPU Kaltim Moh Syamsul Hadi usai menghadiri acara sosialisasi KPID Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, baru-baru ini.

Untuk media yang berhak menayangkan iklan tersebut, lanjut Syamsul, akan ditentukan oleh KPU. “KPU yang akan menentukan medianya. Dalam artian sebagai partner dalam melakukan iklan kampanye,” sambungnya.

Iklan seluruh paslon dalam hal ini harus adil dan berimbang. Misalnya, mempunyai durasi yang sama serta waktu tayang secara berturut-turut.

Meski keputusan ini dianggap berpengaruh kurang baik pada keuntungan media atau lembaga penyiaran, hal ini harus tetap dilaksanakan. Mengingat, agar seluruh paslon memiliki kesempatan yang sama dan tak ada perbedaan antara paslon yang mempunyai dana kampanye besar dan yang kecil.

“Jadi iklan paslon ke lembaga penyiaran itu harus melalui KPU. Kalau ada yang melanggar akan diberikan sanksi. Dan memang harus ada pembatasan seperti itu, agar semua sama,” kata Syamsul.

Sementara terkait sanksi bagi media atau lembaga penyiaran yang menerima iklan langsung dari paslon maupun tim sukses paslon tanpa melalui KPU, akan melewati beberapa tahapan.

“Tentu kami akan rekomendasikan agar iklannya segera dihentikan. Kalau tidak diindahkan dan masih terus melakukan hal tersebut, maka hal itu pasti berpengaruh pada pengurusan perizinan nantinya,” tegas Ketua KPID Kaltim Suarno. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *