background img

KPPU PANTAU HARGA SEMBAKO

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah V melakukan pemantauan stok dan harga kebutuhan bahan pangan pokok untuk menjaga stabilitas harga selama bulan suci Ramadan.

Kepala Kanwil V KPPU Balikpapan Hendry Setiawan mengatakan, sebenarnya tugas dari KPPU tidak hanya memantau harga bahan pokok selama bulan Ramadan, namun selalu memantau pergerakan harga pokok setiap bulan.

Hal ini dilakukan agar di agen maupun pedagang tidak memainkan harga, yang kemudian akan merugikan masyarakat

“Jadi kita memantau pergerakan harga ya kalau ada kenaikan harga yang aneh itu tidak ada kendala dari supply ataupun kendala lainnya maka kita akan melakukan penelitian lebih mendalam,” katanya kepada wartawan, Rabu (14/4).

Khususnya di Kalimantan termasuk di Kota Balikpapan, lanjut Hendry, merupakan kota konsumsi yang hampir sebagian besar kebutuhan pokoknya dikirimkan dari luar daerah.

“Selama ini yang kami pantau bahwa kenaikan harga itu bukan dipengaruhi pada faktor distribusi daripada faktor supply, karena pada dasarnya produk hortikultura ini tidak bisa disimpan lama berbeda dengan komoditi lainnya tidak seperti beras ataupun gula yang bisa disimpan dan harganya permainan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan pantauan KPPU, komoditas yang sempat mengalami kenaikan adalah cabai, yang sempat terjadi pada bulan Maret 2021 lalu. Harga cabai sempat menyentuh angka Rp 120 ribu per kilogram, namun saat ini di awal April, sudah turun menjadi Rp 80.000 per kilogram.

Ia memastikan bahwa pihaknya akan memantau semua kebutuhan bahan pokok di bulan Ramadan ini, misalnya ketika ada kenaikan yang tajam.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *