background img

KPID SAMPAIKAN ATURAN IKLAN PILGUB

4 years ago written by

SAMARINDA – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim menggelar sosialisasi hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gugus Tugas Pengawas Pemilu oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Dewan Pers. Rakornas oleh empat lembaga itu dilaksanakan Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sosialisasi oleh KPID Kaltim itu mengundang seluruh lembaga penyiaran yang tersebar di kabupaten/kota wilayah Kaltim, dan digelar di ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Selasa (20/2).

“Acara sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan rakornas gugus tugas oleh 4 lembaga. Kami mengumpulkan seluruh lembaga penyiaran se-Kaltim serta menghadirkan perwakilan KPU dan Bawaslu Kaltim,” kata Ketua KPID Kaltim Suarno kepada KPFM usai acara tersebut.

Ada beberapa hal yang disampaikan KPID kepada seluruh lembaga penyiaran terkait konten pemberitaan maupun periklanan pasangan calon Pilgub Kaltim oleh lembaga penyiaran. Hal itu secara umum merupakan amanat atau hasil rakornas di Jakarta.

“Ada beberapa hal yang kita sepakati. Di antaranya pemberitaan tidak masalah jika mengandung kampanye. Kemudian, jika tidak ada Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) maupun Lembaga Penyiaran Publik (LPP), disarankan menjalin dengan lembaga terdekat. Apabila tidak ada baru boleh bekerjasama dengan lembaga penyiaran berlangganan. Contoh di Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelas Suarno.

Selain itu di luar konteks pemberitaan, yaitu menyangkut konten penyiaran dalam program monolog dan dialog, disarankan untuk disiarkan secara typing.

“Biar lebih aman. Selanjutnya menyangkut debat kandidat, bisa disiarkan langsung dan disiarkan ulang manakala dalam konten debat tersebut tidak merugikan salah satu paslon. Tapi jika merugikan salah satu paslon dan menguntungkan paslon lain, maka hanya disiarkan ulang sekali. Waktu penyiaran selama bisa di 24 April 2018 sampai 23 Juni 2018,” pungkas Suarno.

Untuk diketahui, acara sosialisasi tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 jam di Kantor Gubernur Kaltim. Sejumlah lembaga penyiaran baik radio maupun TV yang tersebar di wilayah Kaltim hadir mengikuti sosialisasi itu. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *