background img

KONTAK ERAT WAJIB KARANTINA MANDIRI 5 HARI

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Balikpapan kembali menghawatirkan. Jumlah kasus setiap harinya terus meningkat. Pada Jumat hari ini (18/6), tercatat ada 47 orang lagi yang dinyatakan positif.

Berbagai kebijakan pun diambil oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bersama Satgas Penanganan Covid-19 sebagai antisipatif.

Salah satunya akan melakukan tracking kontak erat secara massal. Itu dilakukan jika dalam satu lingkungan RT terdapat kasus terkonfirmasi positif baru lebih dari dua rumah.

“Ya, jika ada dua rumah atau lebih dalam satu lingkungan RT yang positif dilakukan tracking kontak erat secara massal di lokasi RT bersangkutan,” kata Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Jularty saat dikonfirmasi.

Selain itu, terhadap mereka yang kontak erat juga diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri selama lima hari. Hal tersebut untuk mengurangi risiko penularan.

“Itu sudah ada dalam edaran Wali Kota Balikpapan hari ini. Jadi, warga yang kontak erat dari kasus positif baru wajib isolasi mandiri lima hari,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut wanita yang akrab disapa Dio itu, terhadap warga yang kontak erat tersebut akan diberikan surat keterangan karantina dari Puskesmas setempat.

“Ada surat keterangan dari Puskesmas wilayah yang bersangkutan tinggal. Untuk pengawasan karantinanya dilakukan oleh Satgas PPKM Mikro,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *