background img

KOMUNITAS ADV150 SELEKTIF TERIMA ANGGOTA

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sejak resmi dibentuk 2019 lalu, Komunitas Honda ADV Indonesia yang disingkat HAI, menjadi salah satu pelopor yang mewadahi pecinta skutik bongsor andalan Honda tersebut.

Dalam perjalanannya, HAI tidak asal-asalan dalam melakukan perekrutan anggotanya. Ada beberapa tahapan seleksi yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota komunitas ini.

Hal itu disampaikan Ketua Komunitas ADV Indonesia Chapter Balikpapan Hervin dalam talkshow di radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Sabtu (29/8). Hadir pula dalam perbincangan yang dipandu Serly Keiza itu Daniel N. Toghas. Dia adalah Safety Riding Instructor Astra Motor Balikpapan.

Menurut Hervin, untuk menjadi anggota komunitas HAI, setiap calon anggota wajib memenuhi syarat yakni memiliki SIM dan unit kendaraan. Kemudian mendaftarkan diri melalui Instagram Honda ADV Chapter Balikpapan.

Untuk pertama kalinya, calon anggota akan dimasukkan dalam calon anggota terlebih dahulu, untuk direview komitmennya selama 3 bulan. Ada beberapa hal yang menjadi penilaian, yakni tingkat partisipasi atau kerajinan serta komunikasi yang dibangun calon anggota tersebut.

Apabila calon anggota yang bersangkutan dinilai baik, maka akan menjadi anggota inti setelah mengisi formulir keanggotaan. Dan diberikan hak untuk memesan baju serta atribut komunitas lainnya.

“Pertama yang bergabung akan dimasukan dulu pada grup calon anggota. Lalu

dilihat komitmennya selama 3 bulan. Kalau rajin dan komunikasi dengan baik, nanti baru dimasukan anggota inti dan mengisi formulir. Setelah itu baru bisa memesan baju dan stiker,” ujarnya.

Ia menjelaskan, persyaratan yang ketat dalam proses rekrutmen anggota ini bertujuan untuk membangun rasa kekeluargaan sehingga komunitas yang sudah terbentuk dapat berjalan dengan baik.

“Komunitas ini satu tujuan, mencari saudara,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di awal terbentuk anggota HAI Chapter Balikpapan mencapai 50 orang lebih, namun saat ini hanya tinggal 32 orang. Sebagian anggota yang dinilai tidak aktif dikeluarkan.

Ia berharap HAI saat ini sudah memiliki 60 chapter yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Diharapkan HAI dapat menjadi komunitas yang akan menjadi pelopor keselamatan berkendara.(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *