background img

KOMISI I MINTA RAPERDA GARASI DITUNDA

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Johny NG meminta agar rencana pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Transportasi yang menyangkut di dalamnya tentang aturan kewajiban penyediaan tempat parkir atau garasi bagi pemilik kendaraan ditinjau ulang.

“Terkait rencana untuk menyusun Raperda tentang keharusan pemilik kendaraan memiliki garasi atau tempat parkir harus dipikirkan kembali dengan baik-baik,” kata Johny kepada wartawan, Rabu (24/3).

Menurut Johny, pihaknya telah menyampaikan kepada Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan untuk meninjau kembali aturan tersebut. Dengan meminta tanggapan dari sejumlah masyarakat agar produk hukum yang dihasilkan benar-benar baik, dan tidak menimbulkan persoalan baru di masyarakat.

“Saya sudah menyampaikan kepada Bapemperda agar sebelumnya Raperda tersebut dibuat harus dipikirkan dulu sebaik-baiknya dan lebih hati-hati. Jangan sampai Perda dibuat bukannya malah baik, tapi malah menyulitkan masyarakat,” terangnya.

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhitungkan, di antaranya menyangkut tingkat daya beli masyarakat terhadap kendaraan yang dipastikan akan menurun akibat pemberlakuan aturan tersebut.

Selain itu, warga yang sudah terlanjur sudah memiliki kendaraan namun tempat tinggalnya di dalam jalan yang sempit, dipastikan akan kesulitan untuk memenuhi kewajiban penyediaan lahan parkir atau garasi.

“Siapa lagi yang akan membeli mobil nanti, misalnya nanti ada orang kaya baru, yang baru jual tanah kemudian mau beli mobil ketika tidak punya parkir nggak boleh, ini kan susah juga. Maka dari itu, saya usulkan agar hal ini harus dikaji terlebih dahulu dan kemudian disosialisasikan kepada masyarakat agar bisa diketahui, apakah bermanfaat atau tidak. Jangan malah membuat masyarakat menjadi susah nanti,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *