background img

KKP BERLAKUKAN DIGITAL DOKUMEN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan bakal menerapkan sistem baru bagi para penumpang baik di bandara dan juga pelabuhan.

Sistem yang dimaksud adalah pemberlakuan digital dokumen. Mulai resmi diterapkan pada 1 Februari 2021 nanti. Dengan demikian dokumen dalam bentuk kertas tidak lagi berlaku.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan M Zainul di sela-sela pers rilis Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Selasa (26/1) kemarin.

“Yang dimaksud dengan digital dokumen ini yakni pemeriksaan dokumen kesehatan termasuk di dalamnya hasil pemeriksaan rapid antigen atau swab PCR, ataupun hasil pelayanan vaksinasi di pelabuhan dan bandara tidak menggunakan dokumen kertas lagi,” kata Zainul.

Itu merupakan salah satu upaya untuk menghindari kontak langsung antara penumpang dengan petugas melalui media kertas.

“Sehingga diupayakan semua dokumen kesehatan yang terkait dengan keberangkatan maupun kedatangan penumpang di pelabuhan dan bandara akan secara digital dokumen,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Zainul, sistem tersebut sudah mulai disosialisasikan. Dibantu OPD terkait baik di Pemprov dan juga Kabupaten/Kota.

“Begitupun dengan Faskes yang menerbitkan hasil pemeriksaan rapid antigen atapun PCR, itu harus sudah tergabung dalam sistem e-HAC Indonesia,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *