background img

KIPI MODERNA LEBIH TERASA

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN- Vaksin Moderna disebut-sebut memberikan efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang lebih terasa dibanding vaksin jenis lain.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty membenarkan perihal itu saat diwawancarai awak media di BSCC Dome Balikpapan, Selasa (17/8).

“Hampir semua yang mendapat vaksin Moderna mengalami rasa sakit kepala, meriang, dan demam selama 3 sampai 5 hari,” kata Andi Sri Juliarty.

Jubir Satgas Covid-19 Balikpapan itu menjelaskan, pada hari pertama penerima vaksin moderna akan merasakan gejala nyeri pada daerah suntikan.

Kemudian, memasuki hari kedua akan disertai demam, suhu badan mencapai 38 derajat, nyeri otot, hingga muncul sakit kepala yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

“Ada juga yang mual dan muntah. Ini adalah efek yang sudah dirilis resmi. Jadi kita sebaiknya tahu dulu sebelum memilih untuk divaksin moderna sehingga kita siap secara mental,” ungkapnya.

Di sisi lain, moderna memiliki efikasi yang cukup tinggi mencapai 94 hingga 95 persen. Juga memicu respon tubuh yang cukup kuat sekaligus antibodi tertinggi dibanding vaksin lain.

“Kita berterima kasih kepada pemerintah hadir di sini untuk melindungi masyarakat lebih baik dengan vaksinasi yang efikasinya lebih tinggi,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *