background img

KEUTAMAAN MENJADI AHLUL AL QURAN

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Setiap Muslim sejati tentunya akan berkeinginan untuk menjadi Ahlul Qur’an.

Syarat utama menjadi Ahlul Qur’an adalah kemauan dan keinginan yang tinggi sehingga menghasilkan tindakan.

“Kata nabi bacalah Alquran nanti ketika datangnya hari kiamat, Alquran bisa memberikan syafaat kepada para sahabatnya,” kata ustadz Imam Al Faruq dalam program Sajadah Jumat yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Jumat (10/9).

Ia menjelaskan, Rasulullah SAW menyampaikan siapa-siapa orang yang menjadi ahlul qur’an, yang terbaik di hadapan Allah dan rasul-Nya. Yaitu mereka yang mempelajari Alquran, untuk kelak diajarkan, disiarkan dan didakwakan.

Menurutnya, ada 5 konteks yang bisa menjadi ciri khas seseorang menjadi ahlul qur’an atau tidak. Yang pertama adalah mempelajari cara membacanya, karena kita harus bisa membaca alquran dengan baik, dengan tartil semampu kita membaca dengan sempurna. “Kita sebagai seorang muslim harus benar-benar bisa membaca alquran dengan baik dan benar,” jelasnya.

Lalu, yang kedua adalah bisa menjadikan Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup tidak sekadar bahan bacaan saja. Untuk bisa menjadikan Alquran sebagai pedoman kita harus bisa memahaminya. Kita harus bisa memaknainya, kita harus bisa mengerti apa apa yang Allah perintahkan dan apa-apa yang Allah larang dalam Alquran.

Kemudian, yang ketiga adalah orang yang mempelajari bagaimana cara mengamalkan Alquran. Mengamalkan Alquran itu butuh proses, butuh komunitas. Untuk mengamalkan untuk mengamalkan menghindari riba misalnya kita butuh proses dan butuh komunitas yang benar-benar memang menghindari riba, karena memang riba adalah sesuatu yang haram dan harus kita hindari. Kita butuh komunitas untuk menghindari tersebut sehingga ini butuh proses yang panjang.

Selanjutnya, yang keempat adalah menghafalkannya, karena hafalan kita nanti akan membantu kita di yaumul akhirat. Dan yang kelima adalah orang yang mengajarkan Alquran.

“Ketika kita sudah bisa menjalankan kelima konteks ciri orang yang mempelajari Alquran akan menjadi ikhtiar kita untuk menjadi ahlul Quran. Sebisa kita agar bisa dekat dengan Al Quran,” jelasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *