background img

KETEMU MORTIR DI KEBUN

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebuah mortir yang diduga sisa Perang Dunia Kedua (PD II) ditemukan di sebuah kebun milik warga Manggar, Balikpapan Timur (Baltim), Selasa (8/6) sore.

Benda tersebut ditemukan oleh petani yang sedang membersihkan kebun milik Lin, warga RT 048 Manggar Baru, Balikpapan Timur sekitar pukul 16.00 Wita.

Saat tengah asik mencangkul, petani tersebut melihat sebuah benda yang mencurigakan. Setelah diteliti, benda yang sudah berkarat itu rupanya mortir sisa PD II.

Karena khawatir terjadi apa-apa, petani tersebut lantas memberitahu ke ketua RT setempat sekira pukul 16.30 Wita. Selanjutnya ke Babin Kelurahan Manggar Baru dan diteruskan ke SPKT Polsek Balikpapan Timur.

Dari laporan itu, Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim yang dipimpin Iptu Sigit Purnomo melaksanakan evakuasi pada Rabu (9/6) pagi.

“Setelah dapat informasi anggota melakukan evakuasi. Jenis mortirnya proyektil, diameter mortir 13 Cm, panjang 20 Cm, dan berat enam Kg,” kata Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang dalam siaran pers yang diterima KPFM, Rabu (9/6).

Proses evakuasi berjalan dengan lancar. Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada dengan barang temuan yang dikira mencurigakan.

“Jangan disentuh atau digoyang, apalagi dipindahkan. Tetapi karena ketidaktahuannya masyarakat diharapkan lebih berhati-hati ketika menemukan barang tersebut segera melaporkan kepada pihak Kepolisian terdekat,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *