background img

KESETARAAN PEREMPUAN DALAM ISLAM

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Agama Islam memandang kaum perempuan setara bahkan memuliakannya. Hal tersebut terbukti tidak hanya tercantum di dalam ayat suci Al-Quran, namun juga melalui perlakuan Rasulullah SAW terhadap kaum perempuan, dan hak-hak kaum perempuan yang diberikan setelah datangnya Agama Islam di muka bumi.

Islam menjunjung tinggi nilai keadilan dan persamaan, laki- laki dan perempuan sama-sama sebagai hamba, laki-laki dan perempuan sama-sama sebagai khalifah di bumi.

“Jauh sebelum adanya munculnya gerakan feminis, Allah SWT dan Rasulullah SAW sudah banyak mendatangkan bagaimana memuliakan perempuan, memberikan hak-hak kepada perempuan,” kata Ustadz Nasrul Hamdi dalam program Sajadah Jumat yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Jumat (19/11).

Ia menjelaskan, bahwa dahulu sebelum datangnya Islam, perbudakan itu sudah ada, dan memang perempuan itu seperti tidak ada nilainya sama sekali.

Islam datang mencoba meminimalisir bahkan menghapus semua itu dengan memberikan aturan-aturan yang membebaskan mereka dari perbudakan seperti ketika ada orang yang tidak berpuasa diberikan aturan untuk membebaskan budak.

Selain itu, contoh lainnya, ketika waktu dahulu, perempuan itu mendapatkan warisan tapi tidak pernah mendapat haknya termasuk anak-anak yang tidak pernah mendapatkan haknya. Mereka dizolimi dalam hak-haknya, bahkan mereka tidak punya peran apa-apa hanya sebagai pemuas nafsu.

Hanya sebagai pelengkap dalam kehidupan ini, namun Islam datang dengan penuh perhatian terhadap perempuan dengan menaikkan harkat serta martabat perempuan. Bahkan hal tersebut disebutkan dalam Al Quran bahwa antara laki-laki dan perempuan itu punya kesamaan.

Namun ketika berbicara perspektif persamaan laki-laki dan perempuan dalam Islam, memang diperlukan kesamaan berpikir, bahwa Allah SWT yang menciptakan kita, dan Allah yang menentukan semua yang baik-baik bagi kita.

“Tentang peraturan laki-laki dan perempuan dalam syariat Allah sudah membuat peraturan, karena Allah-lah yang menciptakan kita laki-laki dan perempuan dan karena Allah juga Yang Maha tahu, apa yang baik bagi laki-laki dan juga apa yang baik bagi perempuan. Termasuk juga apa yang tidak baik bagi laki-laki dan tidak baik bagi perempuan,” ujarnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *