background img

KEJATI KALTIM GELAR SELEKSI DUTA PELAJAR SADAR HUKUM

1 day ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pemilihan duta pelajar sadar hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB tingkat Kota Balikpapan tahun 2022 di Hotel Sagita Balikpapan, Jumat (24/6).

Ada 10 pasang putra-putri yang menjadi perwakilan sekolah Kota Balikpapan dan akan mengikuti proses seleksi untuk menjadi duta-duta pelajar sadar hukum Balikpapan.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kaltim, Amiek Wulandari mengungkapkan, sepuluh pasang putra-putri perwakilan sekolah menengah atas Balikpapan itu, nantinya akan melalui proses penyaringan untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kaltim.

“Jadi mereka nanti akan mempresentasikan karya mereka, inovasi mereka nanti di situ terlihat karakter anak itu seperti apa,” kata Amiek.

Disampaikannya, pemilihan duta pelajar sadar hukum tingkat pelajar menengah atas ini dilakukan karena pelajar dianggap potensial untuk dapat memahami hukum di lingkungan, sekolah dan pergaulan mereka.

“Bisa menjadikan sadar hukum buat masyarakat lebih termotivasi, terkondisikan ketertiban dan kesadaran hukum,” kata Amiek.

“Yang utama adalah secara luas kita berharap masyarakat itu sadar hukum, kalau masyarakat sadar hukum itu tentunya etnik mereka akan secara umum tidak melanggar hukum,” jelasnya.

Wakajati Kaltim itu berharap, dengan dilakukannya seleksi pemilihan duta-duta sadar hukum mulai dari tingkat kota/kabupaten hingga provinsi, akan menjadi langkah pencegahan pelanggaran hukum.

“Kalau sekarang ada tren kenaikan itulah yang harus kita antisipasi, yang harus kita lawan. Modal utama itu dari lingkungan masyarakat, keluarga dan akan semakin luas,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.