background img

KASUS PENCURIAN, TERTANGKAP KASUS NARKOTIKA

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Unit Jatanras Polsek Balikpapan Barat meringkus seorang target operasi (TO) kasus pencurian dengat pemberatan (curat).

Pelaku diketahui berinisial APB (24), oknum warga Jalan Karya Bhakti, Kelurahan Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat. Diringkus di area rawa-rawa kawasan Kariangau pada Kamis (22/7) sekira pukul 11.30 Wita.
Penangkapan terhadap pria pengangguran itu bermula saat petugas melakukan penyelidikan perkara pencurian pembobolan rumah yang terjadi di kawasan Kariangau, pada Rabu, 21 Juli 2021 lalu pukul 01.00 Wita dini hari.

Saat itu, pelaku masuk ke dalam rumah seorang warga melalui jendela yang diikat dengan tali. Setelah berhasil masuk, pelaku melihat pemilik rumah dan anaknya tengah tertidur pulas.

“Dia (pelaku) pelan-pelan masuk dan berhasil mengambil lima unit handphone. Setelah itu dia keluar dan kabur,” kata Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto saat pers rilis, Senin (26/7).

Akibat kejadian itu, korban merugi sebesar Rp 2.500.000 dan melaporkan ke Polsek Balikpapan Barat. Kemudian ditindaklanjuti oleh Unit Jatanras dengan melakukan penyelidikan.
Hasilnya polisi mendapatkan informasi jika pelaku sedang berada di pinggir jalan daerah Kariangau. Saat ia sedang memperbaiki sepeda motor.

“Setelah dapat informasi itu, Unit Jatanras langsung ke lokasi. Namun saat hendak melakukan penangkapan, pelaku kabur masuk ke dalam hutan,” ungkap Totok.

Hutan yang dimasuki pelaku rupanya terdapat rawa-rawa, akibatnya petugas sempat kesulitan mencari keberadaan pelaku.

Namun, entah kenapa polisi mendengar suara berisik sekitar area rawa-rawa. Saat dicek ke sumber suara itu, polisi mendapati pelaku yang sedang bersembunyi.

“Ketemu itu pas ada suara berisik, rupanya pelaku yang sedang sembunyi. Petugas kemudian langsung mengamankan dan dilakukan penggeledahan badan,” ucap Totok.
Saat digeledah, polisi mendapati dua paket sabu yang disimpan dalam kotak bening dan disembunyikan dalam kantong baju sebelah kanan.

“Masing-masing paket sabu dengan berat 0,32 gram dan 0,38 gram. Pengakuannya barang didapat dari orang yang dipanggil Gondrong (DPO) ,” tandasnya.
Pelaku dan barang bukti sabu selanjutnya dibawa ke Mapolsek Balikpapan Barat untuk proses hukum lebih lanjut. Ia dijerat Pasal 114 (1) Sub 112 (1) Undang-Undang No 35 Tahun 2008 Tentang Narkotika, dan Pasal 363 KUHP tentang pencurian.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *