background img

KAPAL TERAKHIR PEMUDIK

3 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pelabuhan Semayang Balikpapan dipadati ratusan pemudik, Senin (3/5) siang. Mereka hendak pulang ke kampung halamannya masing-masing sebelum larangan mudik berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Para calon penumpang tersebut akan menaiki kapal KM Labobar milik Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yang akan berangkat dari Pelabuhan Semayang Balikpapan pada Selasa (4/5) dini hari pukul 02.00 Wita dengan tujuan Surabaya.

“Malam ini ada kapal KM Labobar menuju Surabaya. Jumlah penumpang tidak sampai 200 orang,” kata Kepala Pelni Cabang Kota Balikpapan Purwadi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/5).

Setelah keberangkatan ini, kapal milik Pelni tak lagi mengangkut penumpang umum. Melainkan hanya logistik serta penumpang kategori non-mudik sesuai dengan SE Satgas Covid-19, yakni ASN, TNI/Polri serta orang sakit. Itu pun harus mendapat rekomendasi dari Satgas.

“Ini kapal terakhir pemberangkatan untuk mudik. Tanggal lima ke atas sudah tidak ada penumpang umum. Tapi armada tetap beroperasi sesuai jadwal memuat logistik dan non-mudik,” ungkapnya.

Perihal larangan mengangkut penumpang umum tersebut, Pelni kini tak lagi menjual tiket melalui travel maupun website. Semua dialihkan ke kantor Pelni.

“Untuk penjualan tiket secara umum travel dan website ditutup semua. Penjualan dipusatkan di kantor cabang. Kalau ada yang datang tanggal lima ke atas dan tidak sesuai aturan Satgas, pasti ditolak,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *