background img

KAPAL RUSAK TENGAH LAUT, TIGA AWAK SELAMAT

10 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kapal KM Bintang Anugrah terombang-ambing selama tiga jam, setelah mengalami mati mesin di kawasan perairan Balikpapan, Sabtu (12/2) malam.
Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan mendapat informasi kejadian itu sekitar pukul 22.40 Wita. Langsung dari kapten kapal Rizal yang berada di Last Know Position (LKP) atau posisi terakhir kapal berada.
“Informasi dari kapten kapal melalui sambungan radio. Dilaporkan kapal menuju Samarinda mengalami mati mesin dan trouble generator pompa air, serta kondisi kapal mengalami kebocoran. Di kapal ada tiga awak warga Samarinda,” kata Kasi Operasi KPP Kelas A Balikpapan, Basri melalui WhatsApp grup.
Tim Basarnas kemudian menindaklanjuti informasi tersebut dengan melakukan pencarian. Tim menggunakan KN Wisanggeni menuju 10.5 NM Laut dari Dermaga Somber Balikpapan.
Pencarian dilakukan di LKP, alhasil sekira pukul 00.56 Wita kapal bersama awak dapat ditemukan. Evakuasi kemudian dilakukan kepada ketiga awak kapal, dipindahkan ke KN Wisanggeni untuk diperiksa kesehatan.
“Kondisi korban dalam keadaan sehat. Selanjutnya dibawa ke Balikpapan untuk dilakukan pemeriksaan dan dimintai keterangan. Pengakuannya bertolak dari Kalimantan Tengah menuju Samarinda untuk melakukan docking,” ungkap Basri.
Kapten KM Bintang Anugrah Rizal dalam keterangan menjelaskan bahwa, sebelumnya mereka melakukan pelayaran dari perairan Kapuas Catur Kalimantan Tengah menuju Samarinda untuk memuat pasir. “Muat pasir. Kendalanya mesin terus ada rusak juga karena habis kena gelombang daerah di perairan Balikpapan,” ucapnya singkat.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.