background img

JUMLAH PENDATANG KEMBALI NAIK

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Seiring dengan kebijakan pemerintah untuk melakukan relaksasi atau kelonggaran di sejumlah sektor, diharapkan dapat kembali membangkitkan perekonomian yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut juga berdampak pada peningkatan jumlah pendatang yang masuk ke Kota Balikpapan semenjak diberlakukan relaksasi dalam fase new normal Covid-19.

Kepala Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan Kota Balikpapan Helmi Hasbullah mengatakan, meski sempat mengalami penurunan di awal pandemi Covid-19, jumlah pendatang yang masuk ke Kota Balikpapan kembali mengalami peningkatan.

Menurut Helmi, berdasarkan hasil perhitungan jumlah penambahan penduduk pada tahun 2020 ini, tercatat telah terjadi penambahan penduduk sebesar 2 persen.

Jumlah tersebut dihitung berdasarkan jumlah perhitungan penambahan yang diambil rata-rata setiap bulan selama satu tahun.

“Tidak ada pengaruhnya dengan Covid-19, meskipun di bulan Maret kemarin sempat down dan sekarang jumlah pendatang kita kembali normal lagi,” katanya, Sabtu (12/12).

Ia menerangkan, berdasarkan perhitungan rata-rata, penambahan jumlah penduduk di Kota Balikpapan berkisar antara 1.200 hingga 1.500 orang per bulan, tidak jauh berbeda dengan tahun 2019.

Perhitungan itu dilihat berdasarkan akumulasi dari data jumlah pendatang, angka kelahiran, angka kematian dan pindah penduduk.

Untuk saat ini, jumlah penduduk yang terdata di Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan Kota Balikpapan tercatat mencapai 672.878 orang.

“Kalau penambahan jumlah penduduk, itu pasti,” ungkapnya.
Ia memastikan pelayanan kependudukan di Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan Kota Balikpapan tetap berjalan normal di tengah situasi pandemi Covid-19. Dengan tetap melaksanakan standar protokol kesehatan.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *