background img

JULI, HASIL INVESTIGASI TELAGA SARI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan merilis hasil investigasi terhadap penyebab kejadian mengeringnya air Waduk Telaga Sari secara mendadak, pada Juli 2021 ini.

Kabid Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Rita mengatakan bahwa pihaknya sudah menemukan titik terang terkait penyebab mengeringnya air Waduk Telaga Sari, yang terjadi sejak 17 Mei 2021 lalu. Namun dirinya belum bisa menjabarkan secara rinci sebelum adanya ekspos resmi dari Badan Wilayah Sungai (BWS) VI Samarinda.

“Nanti setelah diekspos, kita rilis, titik terangnya sudah kita tahu di mana,” kata Rita kepada wartawan, Rabu (30/6).
Menurutnya, meski sudah ada titik terang, pihaknya hingga saat ini masih menunggu arahan dari tim investigasi untuk melakukan publikasi kepada media.

Untuk saat ini, sejumlah contoh tanah yang diperoleh di lapangan sudah dikirimkan laboratorium di Bandung untuk dilakukan pemerintah lebih lanjut, sebagai bahan untuk melakukan investigasi terhadap penyebab kejadian mengeringnya air Waduk Telaga Sari secara mendadak.

“Untuk jadwalnya kita masih menunggu, karena memang situasi pandemi ini kita juga agak sulit, karena data yang diperoleh di lapangan baik itu data sounding ataupun data lainnya, seperti contoh tanah itu harus dikirimkan ke Bandung untuk diperiksa,” ujarnya.

Untuk saat ini, lanjut Rita, waktu pelaksanaan investigasi belum mencapai waktu satu setengah bulan seperti target waktu yang ditetapkan, karena untuk perhitungan waktu proses investigasi tidak dihitung dari waktu kejadian namun dari waktu pelaksanaan investigasinya.

Hal investigasi tersebut nanti juga akan berisi tentang rekomendasi terkait bagaimana dari proses penanganan kondisi Waduk Telagasari yang ada saat ini. Termasuk biaya yang diperlukan untuk penanganannya lebih lanjut.

“Insya Allah bulan depan sudah bisa dirilis,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *