background img

JOKOWI KEMAH DI IKN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Kota Balikpapan, Minggu, 13 Maret 2022, sekitar pukul 16.00 Wita.

Jokowi disambut oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto, dan Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Sidik Setiyono.

Di Balikpapan, Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada para Gubernur seluruh Indonesia pada malam hari di Hotel Novotel Balikpapan.

Sedangkan Senin, 14 Maret 2022, Presiden diagendakan untuk menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Kepala Negara akan melakukan serangkaian agenda kerja dan bermalam atau kemah di lokasi tersebut.
Dalam kegiatan kemah tersebut, rencananya Jokowi juga akan ritual kendi Nusantara bersama 33 Gubernur. Para Gubernur diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal.

“Kami datang dengan membawa tanah dan air sebagai lambang dan simbol untuk dipersatukan dengan tanah dan air dari seluruh pelosok Nusantara,” kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat dikutip dari instagram @Pemprov_Kaltim.

Laiskodat menerangkan, prosesi pengambilan tanah dan air sudah dilakukan dengan ritual keterwakilan adat Floba Morata (Flores, Sumba, Timor, dan Lembata).

“Sebagian tanah dan air kami bawa ke IKN. Sebagian lagi kami simpan di moseum kami. Karena ini sejarah,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.