background img

JELANG RAMADAN, SATPOL PP TINGKATKAN RAZIA ANJAL DAN GEPENG

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan akan meningkatkan jadwal pelaksanaan razia di sejumlah titik di Kota Balikpapan.
Peningkatan jadwal razia tersebut dilakukan untuk mengantisipasi maraknya keberadaan Anak Jalanan (Anjal), Gepeng (Gembel dan pengemis) dan Manusia Gerobak, jelang bulan suci Ramadan.
“Kami akan terus melakukan penertiban dan memang pengemis, anjal dan manusia gerobak ini mulai marak menjelang bulan suci Ramadan, apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli kepada wartawan, Selasa (29/3).
Ia menjelaskan, akibat pandemi Covid-19 ini, memang banyak anjal dan pengemis. Apalagi memasuki bulan suci Ramadan ini akan menjadi lebih banyak.
“Tidak dipungkiri jelang bulan puasa ini, keberadaan anjal dan gepeng semakin marak. Sehingga pihaknya akan meningkatkan lagi patroli, karena memang setiap tahun pasti banyak pengemis “musiman” yang datang ke kota Balikpapan.
Dia menuturkan, oleh karena itu, pihaknya akan lebih giat melakukan penertiban dan jika didapatkan maka akan kita kembalikan ke asalnya.
“Banyak yang datang ini dari luar kota Balikpapan dan kita akan tertibkan serta kita kembalikan ke tempat asalnya bekerjasama dengan Dinas Sosial kota Balikpapan. Jadi nanti jika ketangkap, kami akan kembalikan ke kota asal yang bersangkutan,” bebernya.
Menurutnya, penertiban anjal dan gepeng itu untuk memberikan kenyamanan bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa.
Dirinya menambahkan, sebagai kota layak huni, jangan sampai ada orang-orang yang tidak terurus dan berkeliaran sehingga mengganggu ketertiban umum.
Zulkifli mengimbau, bagi masyarakat yang ingin berbagi, diharapkan tidak memberi di jalanan. Melainkan di tempat yang sudah jelas seperti di masjid, panti asuhan dan lainnya.
“Karena jika kita bersedekah di jalanan, bisa membuat anjal dan gepeng menjadi pemalas dan tidak mau bekerja. Bukan kami melarang sedekah. tapi bersedekahlah di masjid atau panti asuhan,” tutupnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.