background img

JELANG RAMADAN, HARGA BAHAN POKOK MULAI NAIK

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Tidak hanya minyak goreng, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kota Balikpapan mulai mengalami kenaikan menjelang datangnya bulan Ramadan yang akan jatuh pada awal April 2022.

Murni, salah seorang pedagang di Pasar Klandasan, mengatakan harga sejumlah bahan pokok telah mulai mengalami kenaikan sejak satu pekan terakhir.
Menurutnya, sejumlah bahan kebutuhan pokok yang tercatat mengalami kenaikan harga tersebut di antaranya adalah gula pasir, telur dan bawang putih.
“Meski stok ada, harganya mulai naik,” katanya kepada wartawan ketika diwawancarai di lapak miliknya, Selasa (15/3).
Ia menjelaskan, harga bawah putih dari Rp32.000 per kilogram menjadi Rp33.000 per kilogram, gula pasir juga naik dari Rp14.000 per kilogram menjadi Rp15.000 per kilogram.
“Yang masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat adalah minyak goreng, harganya saat ini Rp25.000 per liter. Karena di pasar rakyat tidak ada subsidi, yang disubsidi hanya minimarket,” tuturnya.
Sementara itu, pedagang lain di Pasar Klandasan, Jali menambahkan harga telur ayam naik dari satu ikat itu, naiknya Rp7.000 gula pasir dari Rp14.000 menjadi Rp15.000 per kilogram dan bawang putih dari Rp32.000 menjadi Rp33.000 per kilogram.
“Bawang putih naik cukup banyak, saya tidak tahu mengapa harganya naik. Saya ambilnya naik, jadi juga terpaksa menaikkan harga,” terangnya.
Kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok, lanjut Jali, memang biasa terjadi menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Diperkirakan, kenaikan harga akan terjadi hingga perayaan Idul Fitri 2022.
“Biasanya kenaikan ini sampai Lebaran. Pada saat akan puasa memang biasanya harga bahan pokok mengalami kenaikan,” ungkapnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.