background img

JELANG PEMBANGUNAN IKN, WALI KOTA MINTA PERAN DAERAH DITINGKATKAN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud berharap agar pemerintah lebih mempertimbangkan peran daerah dalam menyukseskan rencana pelaksanaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Hal tersebut disampaikan oleh Rahmad untuk menyikapi rencana pembangunan Ibu Kota Negara baru atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur yang akan segera dimulai tahapan pembangunan konstruksinya pada September 2022 mendatang.

Ia menyayangkan bahwa pemerintah pusat yang selama ini, dinilai kurang melibatkan daerah dalam rencana pembangunan ibukota negara. Padahal Kota Balikpapan yang akan menjadi kota penyangga sekaligus gerbang IKN.

“Itu kan yang laksanakan dari pemerintah pusat sendiri. Bukan kami menyayangkan yah, tapi sampai sekarang koordinasi dengan pemerintah daerah belum ada. Bukan berarti tidak ada,” ujarnya kepada awak media Jumat (19/8).

Meski demikian, dirinya optimistis ke depan daerah Balikpapan juga akan terlibat masuk dari pintu manapun. Sehingga keterlibatan pemerintah daerah dalam hal ini Kota Balikpapan itu bisa terlibat langsung.

“Bukan hanya sekarang Balikpapan hanya disinggahi dan dilewati. Tapi kami juga ada komunikasi. Saya pikir, ini juga berproses. Karena pembangunan IKN inikan langsung pemerintah pusat yang menangani,” jelasnya.

Menurut Rahmad, keterlibatan pemerintah daerah juga dianggap perlu. Karena yang lebih mengetahui permasalahan daerah adalah masyarakat yang ada di daerah.

“Tapi saya berharap daerah juga perlu dilibatkan. Karena yang mengetahui permasalahan daerah ini adalah kita sendiri yang ada di daerah,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.