background img

JATAH PENERIMA BANSOS 50 RIBU KK

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menyiapkan jatah sekitar 50 ribu Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima bantuan sosial bagi warga terdampak akibat kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
“Untuk sementara memang target kita masyarakat yang akan dibantu dalam program bantuan sosial ini mencapai 25 persen dari jumlah KK yang ada di Kota Balikpapan atau sekitar 50 ribu KK,” kata Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadly kepada wartawan, Senin (26/7).
Menurut Fadly, bantuan ini diberikan bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak selama PPKM dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya bagi pedagang kaki lima (PKL) dan pedagang yang terdampak akibat penutupan jalan dan beberapa fasilitas umum.
Untuk mendata masyarakat yang terdampak PPKM, lanjut Fadly, dirinya sudah meminta kepada lurah dan camat untuk menentukan warga yang terdampak, agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran.
“Sebenarnya kita sudah berpengalaman dalam mendata warga yang terdampak pada tahun lalu, namun jumlah yang terdata pada tahun lalu itu sangat besar sekali mencapai 110.000 KK, dari 190.000 KK yang ada di Kota Balikpapan, makanya untuk tahun ini kita mencoba untuk memverifikasi kembali terhadap data yang pernah kita bantu pada tahun lalu. Sebenarnya yang kita prioritaskan adalah masyarakat yang terdampak, misalnya akibat penutupan jalan, kemudian tidak bisa berjualan yang kita bantu. Kita mengambil perbandingannya seperti yang terjadi di Bandung, yang dibantu itu hanya sekitar 60.000 KK padahal penduduknya di sana ada 3 juta. Jadi yang dibantu itu adalah masyarakat yang benar-benar terdampak,” terangnya.
Ia menerangkan bahwa pada tahun ini, pihaknya memang benar-benar selektif dalam menentukan warga yang mendapatkan bantuan, agar warga yang menerima bantuan merupakan benar-benar terdampak akibat penerapan PPKM.
“Sesuai jadwal distribusikan bantuan ini akan diserahkan pada hari Rabu, melalui kantor pos nanti ada sekitar 100 yang akan diberikan secara simbolis, bantuannya masih sama Rp 300.000 per KK,” tambahnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *