background img

JAMBRET BABAK BELUR DIAMUK

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kehebohan terjadi di Jalan Dua RT 17, Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara, Jumat (18/2) siang sekira pukul 12.35 Wita. Usut punya usut, ditengarai oleh seorang pelaku penjambretan yang berhasil ditangkap oleh warga.

Ia diketahui berinisial MI, oknun warga Jalan Proklamasi TPA Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur. Pria 45 tahun itu kedapatan menjambret kalung seorang pemilik warung.
Kejadian bermula saat MI berpura-pura masuk ke sebuah warung untuk membeli sesuatu. Dan melihat pemilik warung menggunakan kalung di lehernya.

Karena tergiur, MI pun mengajak korban ngobrol hingga lengah. Melihat kesempatan itu, dengan cepat tangan kanan MI merenggut kalung beserta liontin emas di leher korban hingga putus.
MI kemudian kabur menggunakan sepeda motor. Sementara korban yang tak terima berteriak minta tolong hingga membuat perhatian warga sekitar. Mendengar teriakan sembari menunjuk pelaku, warga di sekitar lokasi langsung berusaha menghentikan laju sepeda motor MI.

Hingga akhirnya MI tertangkap. Lantaran kesal dengan perbuatannya, warga pun menghadiahi bogem mentah kepada MI hingga babak belur.

Tek berselang lama, Tim Batman Polsek Balikpapan Utara tiba di lokasi kejadian setelah mendapat informasi. Petugas langsung mengamankan pelaku untuk menghindari aksi main hakim sendiri.

“Kami amankan pelaku di lokasi kejadian bersama warga,” kata Kapolsek Balikpapan Utara Kompol Danang Aries Susanto melalui Panit Jatanras Polsek Balikpapan Utara Ipda Dafid, Senin (21/2).

Pelaku selanjutnya langsung dibawa ke Mako Polsek Balikpapan Utara untuk pemeriksaan lebih lanjut. Polisi turut mengamankan bukti kalung emas beserta liontin milik korban seberat 14 gram.
Setelah dilakukan pendalaman, MI rupanya bukan pemain baru. Dia residivis kasus yang sama yakni pencurian dengan kekerasan atau curas dan divonis hakim pada 2019 lalu. “Pelaku residivis kasus yang sama,” lanjut Dafid.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku MI dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.