background img

JAJAKI JALUR TEROWONGAN KE NUSANTARA

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Nusantara telah dipilih Presiden Joko Widodo sebagai nama ibu kota negara atau IKN baru di Kaltim. Namun demikian perihal pembangunan tampaknya masih samar-samar. Rencananya mulai tahun 2022 ini, dimulai dari pusat pemerintahan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan itu saat mendamping Ketua MPR Bambang Soesatyo mengunjungi Kota Balikpapan, Kamis (27/1).
“Ya, untuk pusat pemerintahan ditarget mulai pengerjaan tahun 2022 ini,” kata Basuki Hadimuljono saat diwawancarai awak media.
Berapa anggaran yang akan dikucurkan pemerintah, Basuki belum mengetahuinya. Dia mengaku belum melihat anggaran itu ada dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian PUPR.
“Sekarang belum ada di DIPA PU. Tapi akan segera disiapkan oleh Kementerian Keuangan, bisa tanyakan ke Menteri Keuangan,” ungkapnya.
Dalam pembangunan ini, lanjut Basuki, tidak boleh merusak lingkungan. Sehingga dijajaki rencana pembangunan jalur terowongan bawah laut, penghubung antara jalan tol Balikpapan-Samarinda di Kilometer 13 Soekarno-Hatta menuju Nusantara.
“Kita lagi jajaki. Titiknya di Km 13 ke IKN. Nanti di situ ada lewat sungai ke Teluk Balikpapan, di situ kita bikin. IKN ini adalah kota masa depan, jadi tidak seperti yang biasa-biasa saja. Kita ingin bikin bahwa ini memang kebangkitan Indonesia,” ucapnya.
Ia menjelaskan, saat ini tim dari Kementerian PUPR sedang melakukan proses feasibility study (studi kelayakan). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pembangunan jalan terowongan itu tidak mengganggu lingkungan dan tepat pemanfaatannya.
“Belum tahu berapa panjangnya, dan biayanya. Masih proses kaji, feasibility study. Nantinya dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas pelayaran,” tandas Basuki.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.