background img

JADI PILIHAN TERBAIK DI KELASNYA, RASAKAN MANFAAT FITUR R15

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Motor sport R Series Yamaha memiliki banyak penggemar karena dibekali sejumlah keunggulan yang mendukung aktivitas berkendara. Kualitas itu telah terbukti menjadikannya sebagai motor sport fairing unggulan seperti yang terdapat pada salah satu produk R Series yaitu R15.
Didukung fitur-fitur handalnya, merupakan bagian dari nilai jual R15 yang membuat konsumen tertarik membelinya. Terbukti kegunaan sejumlah fitur tersebut turut membantu dalam pemakaian sehari-hari maupun menjalani hobi berkendara penggunanya.
“Pada dasarnya saya adalah penggemar motor sport dan saya memilih R15 karena kualitas produknya. Mulai dari tampilannya serta berbagai fitur yang terbukti mendukung aktivitas berkendara harian dan hobi touring saya. Terutama fitur yang banyak membantu saya dalam kemacetan adalah Assist & Slipper Clutch. Dan juga saya merasakan handling yang nyaman dan manuver yang baik dengan suspensi Up Side Down (USD). Saya telah membuktikan manfaat fitur-fitur tersebut, karena mendukung aktivitas berkendara saya dengan R15,” ungkap Zidriwan WS, konsumen R15 yang juga Ketua komunitas R15 V3 Indonesia (RVI) chapter Jakarta Barat.
Berikut keunggulan fitur-fitur R15 yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen :

1.Assist & Slipper Clutch
Assist clutch membuat tarikan kopling R15 lebih ringan sehingga tangan tidak capek apalagi saat menghadapi kemacetan jalanan. Saat jalan macet apalagi jika tangan sudah lelah untuk mengoperasikan kopling, ini akan membuat motor tiba-tiba bisa mati jika kopling dilepas mendadak. Dengan Assist clutch dapat membantu menghindari hal tersebut, dimana pengoperasian kopling menjadi lebih enteng, dan tidak mudah pegal saat jalan macet sekalipun. Sedangkan Slipper clutch mereduksi efek engine brake saat menurunkan gigi. Laju motor pun lebih mudah dikontrol dengan kinerja tersebut. Motor R15 tetap terasa smooth dan stabil meskipun melakukan pengurangan gear dengan cepat dan rpm cukup tinggi.
Pentingnya manfaat Assist & Slipper Clutch ini juga membutuhkan perawatan yang harus diperhatikan konsumen. Kopling R15 merupakan kopling basah yang terendam oli mesin, maka lakukanlah penggantian oli mesin sesuai perawatan berkala, jadi jangan sampai jarang mengganti oli. Manfaat oli mesin untuk kopling selain untuk melumasi komponen kopling, juga sebagai pendingin karena gesekan kampas kopling. Kurangnya kapasitas oli atau buruknya kualitas oli akan menyebabkan fungsi kopling terganggu dan kampas kopling cepat aus.
Selain itu, setingan free play tuas kopling harus sesuai spesifikasi atau standar pabrikan. Karenanya jika tidak sesuai, lakukan pengaturan free play kopling di bengkel resmi. Standar free play tuas kopling R15 adalah 10 – 15 mm. Jika free play terlalu kecil maka tarikan kopling terasa lebih keras, sedangkan jika free play terlalu besar maka jangkauan jari justru semakin dekat, efeknya kopling tidak tertarik sempurna, sama seperti setengah kopling. Setingan free play yang tidak sesuai standar pabrikan dapat membuat pengoperasian terganggu dan mempengaruhi kenyamanan berkendara.

2.Suspensi Up Side Down (USD)
Di bagian kaki-kaki, R15 sudah mengadopsi suspensi Up Side Down (USD). Pada peredam kejut jenis ini posisi inner tube berada di bagian bawah dan outer tube berada di atas. Kelebihan suspensi USD adalah menjadikan tampilan motor lebih gagah dan sporty. Selain itu memiliki kemampuan peredaman lebih baik karena mengurangi getaran saat motor dikendarai sehingga motor lebih stabil. Manfaat lainnya juga turut meningkatkan handling saat berkendara dan ketika bermanuver lebih presisi misalnya ketika melakukan high cornering.
Untuk perawatannya, dengan menjaga suspensi inner tube (pipa kecil) selalu dalam kondisi bersih tidak terdapat kotoran seperti pasir dan debu. Dengan kondisi yang bersih menghindari kerusakan seal oli pada suspensi. Jika seal rusak, bisa terjadi kebocoran oli suspensi. Lakukan penggantian oli suspensi sesuai rekomendasi pabrikan.

3.Alumunium Rear Arm
Alumunium rear arm adalah swing arm yang terbuat dari aluminium yang berbobot ringan dan kokoh. Keunggulan ini mendukung aktivitas berkendara para penggunanya di medan on road. Lalu memberikan pengendalian sepeda motor yang lebih stabil saat berakselerasi dan melewati jalan berkontur tidak rata. Para penggunanya pun menikmati tampilan yang lebih sporty serta memberikan kesan berkelas dan big bike look.

4.Full Digital Speedometer dengan Shift Timing Light.
Pada sepeda motor saat ini banyak yang sudah mengaplikasikan speedometer digital. Fitur ini pun sudah disematkan pada R15 yang memiliki berbagai menu dengan fungsi masing-masing yang dapat dimanfaatkan konsumen. Speedometer digital multifungsi ini lebih informatif dan mudah terlihat. Menu-menu pada dashboard R15 di antaranya gear position, neutral indicator, water temperature, engine warning indicator, odometer, tripmeter, fuel trip meter, instant fuel economy, average fuel economy, self diagnosis, setting mode, tachometer, VVA indicator. Serta dilengkapi juga dengan shift timing light yang mengingatkan pengendara jika ingin melakukan perpindahan gigi sehingga memudahkan pengendara memperoleh performa optimal.

INFORMASI PRODUK
R Series Design
Mengadopsi DNA Yamaha R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam, bodi belakang runcing dan ramping, serta fairing aerodinamis yang kekar.
LED Head Light dan LED Tail Light : lampu depan dan belakang menggunakan teknologi LED yang memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama.
Full Digital Speedometer + Shift Timing Light : speedometer digital multifungsi, lebih informatif dan mudah terlihat, dilengkapi juga dengan shift timing light memudahkan pengendara memperoleh performa optimal.
Deltabox Frame : rangka deltabox yang kuat dan kokoh, mendukung berkendara lebih stabil.
Hazard Lamp : lampu yang berfungsi sebagai penanda kondisi darurat yang dialami pengemudi.
Great Handling
Upside Down Front Suspension : handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.
Alumunium Rear Arm : lengan ayun berbahan aluminium yang kokoh dan memiliki bobot yang ringan, memberikan pengendalian sepeda motor yang lebih stabil.
Super Wide Front and Rear Tire : ban super lebar dengan ukuran depan 100/80 – 17 , dan belakang 140/70 – 17, menyajikan kestabilan berkendara.
Wide Diameter Front Disc Brake : disc brake depan dengan diameter piringan cakram 282 mm memberikan pengereman yang lebih optimal.
Best Technology and Performance
Engine 155cc LC4V with VVA : kapasitas mesin 155cc, 6 percepatan, 4 katup, dan dilengkapi Variable Valve Actuation yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin dan didukung dengan pendingin cairan yang membuat suhu mesin stabil dan performa tetap optimal.
Assist & Slipper Clutch : fitur Assist yang membuat kopling lebih ringan, dan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus. (*)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *