background img

INDOSAT 5G DILUNCURKAN DI BALIKPAPAN

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Perusahaan telekomunikasi digital Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan jaringan generasi kelima atau 5G di Kota Balikpapan, Kamis (16/12).

Kota Balikpapan menjadi kota yang kelima di Indonesia, setelah sejumlah kota lain seperti Solo, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, dengan penambahan layanan ini diharapkan akan mempercepat proses transformasi digital di Kalimantan, khususnya dalam mendukung persiapan pemindahan ibu kota negara (IKN) ke wilayah Kalimantan Timur yakni di kawasan Kabupaten Penajam Paser dan Kutai Kartanegara yang posisinya tidak jauh dari Kota Balikpapan.

“Teknologi 5G ini kami harapkan akan mempercepat transformasi digital di Kalimantan, terutama untuk mendukung persiapan ibu kota baru Indonesia. Kami berharap peluncuran ini juga akan secara signifikan meningkatkan daya saing industri di kawasan ini,” kata Vikram dalam peluncuran 5G di Kota Balikpapan.

Melalui layanan ini, dapat membantu pemerintah dalam menjalankan sejumlah layanan, di antaranya dengan sejumlah fitur aplikasi dengan konsep Internet of Things (IoT) yang mampu memberikan early warning system kepada pemerintahan saat terjadi banjir.

Sementara pada dunia industri ada sejumlah use case yang menggunakan layanan 5G ini, di antaranya Private Network for Situational Awareness (Nokia), Collaborative Robot (Nokia), Smart Manufacturing (MPS), Mining Compliance Solution (Sensync), Smart Visual Inspection (IBM), dan Smart Surveillance (Idealab).

“5G sebagai titik balik utama dalam evolusi Kota Cerdas karena konektivitas kecepatan tinggi, latency rendah, dan kemampuan menangani sejumlah besar koneksi akan meningkatkan gaya hidup dan kolaborasi warga,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berharap dengan adanya layanan 5G yang pertama kali dirilis di wilayah Kalimantan Timur ini dapat membawa perubahan baik dalam proses digitalisasi daerah.

Menurur Isran, Kalimantan Timur memiliki potensi besar sebagai daerah yang mampu memanfaatkan kekuatan transformatif layanan 5G dengan baik. Lagi pula, menurutnya, Kalimantan Timur akan menjadi pintu gerbang Ibu kota baru sehingga perlu dipersiapkan infrastruktur teknologi beserta SDM-nya.

“Kami berharap teknologi 5G akan mengubah cara industri beroperasi sehingga dapat mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekspor, seiring dengan Balikpapan menjadi pintu gerbang dari ibu kota baru,” ungkapnya.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.